10 Alternatif Lightroom Terbaik Gratis Dan Berbayar

Diposting pada
Adobe Lightroom ialah aplikasi manajemen dan pengeditan foto default untuk banyak fotografer. Tetapi di mana Anda pernah bisa berbelanja program dan menggunakannya selama yang Anda harapkan, kini hanya tersedia melalui berlangganan. Yang merupakan versi yang tidak berfungsi untuk siapa pun. 
Apa alternatif Lightroom terbaik? Bisakah Anda mendapatkan fitur terbaik dari Adobe Lightroom gratis, atau setidaknya hanya dengan satu harga, sekali saja? Berikut ini opsi terbaik Anda. 
Alternatif Lightroom Terbaik di Tahun ini
Adobe Lightroom tidak untuk semua orang. Makara, bila Anda mencari opsi lain, berikut ialah alternatif Lightroom terbaik di tahun ini. 
Capture One Pro
Capture One Pro ialah hal yang paling erat dengan penggantian pribadi untuk Lightroom, walaupun harga mulai dari $ 299 menjadikannya alat bagi para profesional dan hanya penggemar yang sungguh serius. 
Set fiturnya mengesankan. Anda dapat memigrasikan katalog Anda dari Lightroom. Ada sumbangan untuk file RAW dari lebih dari 400 kamera. Alat pengeditan bersifat komprehensif, dan disuguhkan dengan cara yang sangat mempesona secara visual. Dan ada banyak fungsi pro-level, tergolong pertolongan untuk pemotretan yang tertambat, dengan performa eksklusif. 
Capture One Pro condong berlebihan bagi banyak pengguna. Tetapi ada uji coba yang tersedia, sehingga Anda dapat dengan mudah mengujinya sendiri. 
Tersedia untuk: Windows, Mac 
Informasi Lebih Lanjut: PhaseOne ($ 299, percobaan gratis tersedia) 
DarkTable 
Di ujung spektrum untuk Capture One, ada DarkTable. Ini gratis dan open source, tetapi masih mereplikasi fungsionalitas inti Lightroom. 
DarkTable memperlihatkan administrasi aset terang dan opsi pengeditan yang pantas. Dukungan pemrosesan RAW untuk lebih dari 400 kamera sangat dihormati oleh penggunanya. Ini juga meliputi alat yang sudah dihilangkan dari Lightroom CC, tergolong adaptasi toning dan kurva. 
Pada segi negatifnya, antarmuka DarkTable tidak memiliki kemahiran dari kawan komersialnya. Dan kalau ingin mencobanya lihat postingan kami Cara Menggunakan Darktable Çgratis
Tersedia untuk: Mac, Linux, Windows 
Informasi Lebih Lanjut: DarkTable (Gratis) 
Adobe Bridge 
Jauh sebelum Lightroom, Bridge + Photoshop ialah pengaturan opsi bagi banyak fotografer. Adobe Bridge yakni bagian manajemen aset dari kombinasi itu. 
Itu masih tersedia, masih merupakan alternatif Lightroom yang baik, dan itu salah satu aplikasi Adobe gratis terbaik yang mampu Anda gunakan. Anda membutuhkan akun Adobe untuk mengunduhnya, namun akun dasar yang tidak berbayar baik-baik saja. 
Bridge menanggulangi semua kebutuhan katalog Anda. Anda mampu mengatur gambar Anda ke dalam folder dan koleksi, menambah peringkat bintang, menerapkan kata kunci, melihat metadata, dan sebagainya. 
Adobe Camera Raw tidak termasuk dalam model gratis, jadi Anda perlu menambahkan prosesor RAW Anda sendiri kalau Anda memotret RAW. Anda juga perlu menyertakan aplikasi pengeditan Anda sendiri  GIMP yakni alternatif Photoshop yang hebat gratis, atau lihat Affinity Photo selaku pilihan berbayar yang terjangkau. 
Tersedia untuk: Windows, Mac 
Informasi Lebih Lanjut: Adobe (Gratis) 
DxO PhotoLab 
Sebelumnya bernama OpticsPro, PhotoLab yaitu aplikasi pengeditan gambar tingkat pro yang bersaing dengan Capture One dan harganya sama dengan Lightroom 6. Set fitur juga sepadan, dengan dimasukkannya manajemen aset penuh, sehingga Anda mampu mengimpor dan mengatur gambar Anda. Ini tidak ada dalam versi lama perangkat lunak. 
Fitur pengeditan dari Lightroom semuanya ada, dan mudah digunakan dan sangat responsif. Kemampuan reduksi kegaduhan terutama dinilai tinggi. Selain itu ada beberapa alat penyesuaian setempat dasar, dan pinjaman RAW meluas sampai 400 kamera. Itu semua memperbesar alat mutu dan ialah alternatif yang pantas untuk Lightroom bagi sebagian besar pengguna. 
Tersedia untuk: Windows, Mac 
Informasi Lebih Lanjut: DxO ($ 99– $ 149, percobaan gratis tersedia) 
RawTherapee 
RawTherapee khususnya merupakan prosesor RAW mampu berdiri diatas kaki sendiri dengan pertolongan kamera lebar. Ini ialah alternatif dari Adobe Camera Raw seperti Lightroom, namun dengan beberapa fitur administrasi aset digital dasar, masih pantas diperhitungkan. 
RawTherapee tidak akan mengimpor gambar Anda dan mengurutkannya ke dalam folder untuk Anda  Anda perlu melakukannya dengan cara lain. Tetapi begitu mereka ada di sana Anda dapat menerapkan warna dan peringkat untuk menolong melacak gambar terbaik Anda. 
Kemampuan RAW memiliki reputasi yang berpengaruh di antara para penggila. Ini utamanya berlaku untuk pengguna kamera Fuji, yang menciptakan file RAW yang sungguh menantang. Ada kurva mencar ilmu tertentu untuk aplikasi, tetapi itu memberi imbalan waktu yang Anda masukkan. 
Tersedia untuk: Windows, Mac, Linux 
Informasi Lebih Lanjut: RawTherapee (Gratis) 
Skylum Luminar 3 
Luminar ialah salah satu alternatif Lightroom paling terjangkau, tetapi itu tidak menjadikannya enteng pada fitur. Ini tergolong alat AI yang mengenali konten gambar Anda, dan memungkinkan Anda untuk membuat pembiasaan pilih-pilih jauh lebih mudah. Anda mampu mengubah eksposur langit, contohnya, tanpa menyentuh orang-orang di latar depan. 
Ada beberapa filter, opsi penajaman yang besar lengan berkuasa, cara untuk meminimalkan noise di foto Anda, dan sebagian besar alat perbaikan yang Anda inginkan dari Lightroom. Galeri memungkinkan Anda mengimpor, menertibkan, dan mengelola perpustakaan besar foto juga. Ini adalah aplikasi hebat dan patut untuk dilihat. 
Tersedia untuk: Windows, Mac 
Informasi Lebih Lanjut: Skylum Luminar 3 ($ 69, percobaan gratis tersedia) 
ON1 Photo RAW 
ON1 Photo RAW ialah pendatang baru di pasar. Ini memadukan yang terbaik dari Lightroom – katalogisasi dan alat organisasi ditambah pemrosesan RAW cepat – dengan beberapa desain dari Photoshop, tergolong sumbangan lapisan. Ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan gambar bersama-sama dengan cara yang tidak dapat Anda kerjakan di alternatif Lightroom lainnya. 
Ini cepat, dan mempunyai kekuatan dalam membuat pembiasaan lokal dan melakukan pekerjaan dengan imbas dan filter. Tapi itu sedikit menderita dari antarmuka yang berserakan yang menyembunyikan alat-alat penting sementara juga menjadikan Anda memikirkan kembali alur kerja Anda. 
Tersedia untuk: Windows, Mac 
Informasi Lebih Lanjut: ON1 ($ 119, percobaan gratis tersedia) 
ACDSee Photo Studio Professional 
ACDSee Photo Studio Professional adalah program Windows yang jelas-jelas menciptakan Lightroom dalam pandangannya. Harga $ 99,99, beliau mempunyai semua fitur utama aplikasi Adobe, ditambah beberapa pemanis sendiri. 
Anda menerima katalog yang komprehensif dan alat pengorganisasian, dan mode pengeditan RAW menyeluruh dengan tunjangan untuk lebih dari 500 kamera. Tetapi Anda juga mendapatkan hal-hal mirip alat Liquify yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki foto dengan memindahkan kelompok piksel tanpa mengubahnya. Anda biasanya harus beralih ke Photoshop untuk itu. 
Tersedia untuk: Windows 
Informasi Lebih Lanjut: ACDSee ($ 99, percobaan gratis tersedia) 
Apple Foto  
Akhirnya, bagaimana dengan Apple dan aplikasi Foto Google? Kemungkinan Anda telah memakai keduanya di ponsel Anda. Bisakah mereka memberi Anda fitur Lightroom terbaik secara gratis? 
Foto Apple sungguh anggun untuk manajemen foto, dan ini berfungsi baik dengan editor pilihan pihak ketiga Anda. Penambahan alat mirip kurva nada dan slider definisi telah menjadikannya lebih gampang untuk mendapatkan jenis hasil yang Anda kehendaki dari Lightroom. Dukungan RAW dibangun ke dalam macOS, jadi aplikasi ini melakukan pekerjaan dengan sejumlah besar kamera. 
Foto termasuk penyimpanan cloud untuk semua gambar Anda. untuk mempelajari cara menerima hasil maksimal dari itu. 
Tersedia untuk: Mac 
Informasi Lebih Lanjut: Apple Foto  (Gratis) 
Google Foto
Google Foto sepenuhnya berbasis cloud, dan berlangsung di browser di desktop Anda. Itu mungkin menjadikannya menjadi non-starter total untuk Anda. Tetapi kesanggupan pemrosesan sangat bagus. Ini menerima manfaat dari teknologi yang dibawa dari aplikasi mirip Snapseed, serta dari algoritma pembelajaran mesin Google. Ini juga mempunyai beberapa tunjangan terbatas untuk file RAW.

Google sungguh bagus untuk mengatur foto Anda. Anda tidak perlu khawatir wacana menambahkan kata kunci, sebab secara otomatis mengidentifikasi hal-hal dalam bidikan Anda dan memproduksinya dengan penelusuran sederhana. Namun, itu tidak baik untuk mengurus tunas besar. 
Tersedia untuk: Windows, Mac, Linux, Chrome OS 
Informasi Lebih Lanjut: Google Foto (Gratis)