Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier Dan Contohnya

Assalamualaikum, salam teman semua. pada pertemuan ini, aku akan mencoba menjelaskan pada kalian semua perihal pengertian warna primer, sekunder, tersier dan contohnya. mengapa harus mengetahui ini ?agar teman lebih paham, keutamaan warna primer, serta bagaimana terbentuknya warna sekunder dan tersier. 

Warna Primer

Warna primer yaitu Warna merah, kuning, biru yang merupakan warna pokok atau warna dasar. mengapa disebut sebagai warna pokok ? sebab warna primer merupakan dasar dari terbentuknya semua warna. kita dapat membentuk banyak jenis warna dari perpaduan warna-warna primer. perpaduan 2 warna primer dapat menghasilkan warna sekunder.
Seorang pelukis senior, dapat menciptakan lukisan yang mempunyai banyak warna didalamnya hanya dengan menggabungkan tinta cat warna primer. 
 aku akan mencoba menjelaskan pada kalian semua perihal  Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Contohnya
Perlu diketahi bahwa, warna primer merupakan warna induk yang bangun sendiri tanpa hasil pencampuran warna lain. itulah perbedaanya dengan warna sekunder dan tersier. kalau kalian hanya membeli warna primer saja, maka jangan khawatir. tinggal bagaimana saja kita menciptakan adonan yang dapat menghasilkan warna lainnya.
Kaprikornus kalau teman mendapat pertanyaan : sebutkan warna-warna dasar ? jawabannya yaitu warna merah, kuning dan biru.

Warna Sekunder

Warna Sekunder yaitu warna kedua yang merupakan warna hasil perpaduan dari 2 warna primer (warna dasar). misalnya kalau memadukan warna kuning dan warna biru maka akan menghasilkan warna hijau.warna sekunder terdiri dari warna Hijau, Ungu dan Orange.

Lebih jelasnya, lihatlah teladan gambar dibawah perihal bagaimana warna sekunder dapat terbentuk.
 aku akan mencoba menjelaskan pada kalian semua perihal  Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Contohnya

Dari perpaduan warna primer diatas kita sudah mendapat warna sekunder. namun apakah hanya 3 warna itu saja yang dapat kita hasilkan ? tidak, semua tergantung takaran pencapuran warnanya. misalnya mencapurkan warna Biru satu sendok dan warna Merah satu sendok niscaya akan menghasilkan warna Ungu. namun kalau takarannya diubah menjadi, satu gelas warna biru dan merah hanya satu sendok, niscaya akan menghasilkan warna ungu dengan kecerahan berbeda. Coba lihat teladan dibawah ini:
 aku akan mencoba menjelaskan pada kalian semua perihal  Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Contohnya
Gambar diatas menjelaskan, kalau kita mencampurkan warna kuning dan merah namun dengan memperbanyak warna kuningnya, maka akan menghasilkan warna orange kekuning-kuningan. begitu pula dengan warna lainnya, ibarat ungu kemerah-merahan, hijau kekuning-kuningan dsb.

Perlu teman ketahui, kalau warna yang dihasilkan terlihat lebih cerah maka dapat dikelompokkan sebagai warna pastel.

Warna Tersier

Warna Tersier yaitu warna ketiga, artinya hasil perpaduan dari satu warna primer dan satu warna sekunder. misalnya mencampur warna merah dan warna ungu maka menghasilkan warna merah keunguan ( Magenta ).

Lebih jelasnya dapat lihat 6 teladan kombinasi warna primer dan sekunder dibawah ini:

 aku akan mencoba menjelaskan pada kalian semua perihal  Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Contohnya

Dari semua perpaduan warna diatas kita sudah dapat melihat hasilnya yaitu warna tersier. namun tidak terbatas pada warna itu saja, melainkan warna dengan  perbedaan dosis pada dikala pencampurannya akan menghasilkan warna tersier yang berbeda. misalnya warna biru keunguan namun dengan kecerahan lebih tinggi dsb. pada kesudahannya niscaya teman akan mendapat warna salem dan warna peach, ketika sudah mempraktekkan pencampuran warna.

Saya rasa sekian dulu perjumpaan kita. semoga "Pengertian warna primer, sekunder, tersier dan contohnya" dapat menambah ilmu kalian semua. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Safri ST mengucapkan terima kasih - Assalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier Dan Contohnya"

Posting Komentar