8 Teladan Media Cetak Yang Sering Digunakan

Assalamualaikum. Pertemuan hari ini, https://www.ngeeneet.com/ akan menunjukkan referesi "8 Contoh Media Cetak Yang Sering Digunakan". Membaca dan melihat merupakan aktifitas yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. melihat fenomena tersebut, banyak perusahaan menciptakan bacaan berupa berita, inspirasi, dll dalam bentuk Media Cetak. Media Cetak memang banyak fungsinya dan sudah digunakan semenjak dahulu, salah satunya oleh orang tiongkok pada kala ke-8.

Apa Itu Media Cetak ?

Media Cetak yaitu salah satu media massa yang menjadi sarana komunikasi untuk menginformasikan hal-hal tertentu kepada masyarakat dalam bentuk cetak. pola media cetak paling berkembang dimasyarakat adala koran. bentuk media cetak juga kebanyakan dari kertas atau sejenisnya dan ditulis memakai tinta.

Peran media cetak dijaman 90-an memang sangat berpengaruh. selain sebagai sumber isu konkret kita juga sanggup mengathui perkembangan yang sedang terjadi atau pengumuman penting. namun sudah ada beberapa pakar menyampaikan bahwa media cetak akan punah dimasa mendatang, melihat era digital begitu mudahnya mengakses berita.

Orang pertama yang memakai mesin cetak yaitu Gutenberg. beliau memakai mesin cetak dari baja yang sanggup bergerak. melihat penemuannya yang mengagumkan "bisa menjiplak cetakan dalam jumlah banyak", maka gutenberg takut penemuannya dianggap tiruan murah. sehingga beliau menetapkan untuk memulai proyek pencetakan Alkitab sebagai cetusan pertamanya.

Ciri-ciri media cetak:

  • Praktis, gampang dibaca kapanpun dan dimanapun
  • Bersifat massal, sebab diproduksi untuk permintaan banyak.
  • Dapat ditemukan hingga kawasan pelosok
  • Bisa disimpan sebagai arsip atau koleksi

Kelebihan Media cetak yaitu kita bisa mendapat isu terbaru setiap hari, tips perihal hal unik, mendapat informasi luas, menambah wawasan, mempelajari hal yang belum pernah diketahui, meningkatkan kertatifitas, mencari lowongan kerja dll.

Sedangkan Dampak Negatif / kekurangan media cetak yaitu kita harus mengeluarkan uang sesuai harga yang ditetapkan, dan terkadang ada gosip yang belum tentu nyata namun sudah diberitakan. dan ini termasuk dosa lho, ada beberapa goresan pena yang tidak boleh dibaca anak dibawah umur, dan sebagainya,

8 Contoh Media Cetak Yang Sering Digunakan

Media cetak memang banyak jenisnya. namun pada pertemuan hari ini, saya akan menunjukkan 8 jenis media cetak yang berkembang dimasyarakat indonesia. mulai dari pedesaan hingga perkotaan, media cetak tersebut sudah dikenal semua kalangan. silahkan dibaca dengan baik.

1. Koran Atau Surat Kabar

Koran atau biasa disebut surat kabar merupakan media cetak yang paling berkembang di masyarakat. kepopuleran koran sebagai alat komunikasi massa sudah dikenal semenjak jaman dahulu. sekitar tahun 700-an, Cina sudah bisa produksi koran cetak pertama memakai karakter china. 
Gambar koran bertumpuk : www.infophoria.com
Di Era digital sekarang, koran memegang peranan penting sebagai sarana komunikasi terupdate. koran berperan penting di kalangan masyarakat, soalnya bisa menjangkau disetiap sudut. informasi yang diberikan juga bervariasi, mulai dari isu politik, hiburan, kesehatan, saham, keuangan dan lain-lain. 

Disisi lain koran juga sanggup berperan sebagai media periklanan bagi yang membutuhkan. contohnya membuka lowongan kerja, isu kehilangan, menampilkan poster event, hingga dengan menjual produk. seiring berjalannya waktu, fungsi koran terus di update. salah satunya dengan menambahkan permainan didalamnya supaya pembaca mendapat hiburan. game terkenal yang biasa disisipkan dikoran yaitu teka-teki silang dan sudoku.

2. Majalah

Majala yaitu media cetak yang berisikan macam-macam artikel menarik untuk dibaca. majalah biasanya menunjukkan topik topik terhangat dan memang disukai banyak orang, namun tergantung lagi dari tema majalah tersebut. contohnya majalah desain grafis, maka isi dari majalah tersebut semuanya menyangkut desain. kelebihan majalah yaitu kita bisa mendapat banyak ilmu dan informasi yang sudah disaring dengan rapi.
Gambar majalah : ne-junior.blogspot.co.id
Bentuk majalah memang lebih unggul ddibandingkan koran. jadi masuk akal kalau harga majalah lebih tinggi. majalah sudah didesain khusus setiap penerbitannya, jadi diolah secara profesional oleh desainer dan penulisnya kemudian kemudian di produksi memakai kertas premium. ketahanan majalah bisa hingga bertahun-tahun, sehingga masih bisa mengisi rak buku sepanjang hari.

Untuk penerbitan majalah, biasanya perminggu, perbulan dan bahkan ada yang setiap tahun. melihat proses pembuatannya juga yang rumit dan kadang perlu riset terlebih dahulu. 

Jenis jenis majalah bisa dikatakan banyak, namun ada beberapa yang paling terkenal di masyarakat, yaitu : Majalah musik, majalah kesehatan, majalah fashion perempuan & pria, majalah pengetahuan umum, majalah bisnis, majalah olahraga dan sebagainya.

3. Brosur

Brosur yaitu media cetak yang berisikan informasi perihal klarifikasi suatu produk, baik berupa produk layanan, jasa, akomodasi umum, properti, profil perusahaan dll. tujuan dari brosur rata-rata untuk sarana beriklan.

Brosur juga bisa dikatakan Pamflet. berdasarkan Unesco, Brosur yaitu media cetak yang tidak diterbitkan secara berkala, paling tidak mempunyai 5 halaman hingga 48 halaman, bila sudah melebihi standar tersebut maka disebut buku. dibawah ini merupakan contoh brosur lipat 3.
Gambar Brosur lipat 3
Bila brosur terdiri dari satu halaman disebut sebagai Selebaran atau flyer. kalau teman melihat brosur yang didalamnya berisikan produk disebut katalog.

Brosur memang media cetak yang paling bersahabat hubungannya denga sales, sebab mereka harus mempunyai ini untuk memaparkan produknya.

4. Billboard

Billboard yaitu media cetak yang berukuran besar sebagai bentuk promosi iklan. billboard banyak terlihat di tempat-tempat strategis dan ramai, contohnya di pinggir jalan, ditaman dll. untuk ketinggiannya bermacam-macam, ada yang di sekitar 2 meter -an hingga dengan 5 meter.
Gambar Billboard atau reklame 
Billboard kebanyakan menampilkan iklan selebihnya kadang digunakan untuk kampanye. isi dari iklannya niscaya kreatif, unik atau mempunyai kalimat yang bisa menarik perhatian.

Kalau di indoensia billboard disebut dengan Reklame, yaitu media cetak berbentuk bidang dengan materi kayu, fiberglass, logam, kaca, kain, plastik dll. kalau lihat papan iklan didepan toko itu masih dikategorikan reklame.

5. Selebaran atau Flyer

Flyer atau selebaran merupakan media cetak yang mempunyai ukuran kecil, standarnya ukuran kertas A4. selebaran biasanya terdiri dari 1 lembar timbal balik, yang berisikan promosi produk tertentu dan ciri khasnya yaitu menarik perhatian. kita bisa melihat flyer saat berada ditempat keramaian, kadang ada beberapa sales membagikan selebaran mereka untuk kita.
Gambar Selebaran atau flyer
Selebaran banyak digunakan oleh restoran, franchise, dialer motor & mobil, konser musik, kampanye politik dan masih banyak lagi. kelebihan surat edaran (selebaran) yaitu kita bisa menunjukkan secara pribadi kepada target, namun pertanyaannya "apakah beliau akan membaca selebaran tersebut ?". rata-rata peserta selebaran dijalan tidak membacanya namun menyimpan dan membuangnya.  jadi media promosi ibarat ini tidaklah efektif, ada unsur memaksa didalamnya.

6. Poster

Poster yaitu suatu karya desain grafis yang memuat komposisi gambar maupun goresan pena diatas sebuah kertas, kemudian ditempelkena ke dinding atau bidang datar lainnya. pembuatan poster bertujuan untuk pengumuman, ajakan, dan promosi. jenis poster yang paling sering kita lihat yaitu poster dihentikan merokok, poster hiv aids dll.
Gambar Poster Dinding Jalanan : manifestarblog.wordpress.com
Salah satu media cetak yang bisa kita lihat dimana-mana yaitu poster, apalagi diperkotaan. teman akan melihat poster pada dinding jalan, tiang listrik, pos ronda, hingga di beling kendaraan beroda empat pun pernah saya lihat.

Untuk ukuran poster paling kecil yaitu kertas a4 atau kwarto sementara yag paling besar kertas A2. ukuran ibarat ini biasanya membutuhkan rujukan saat dipasang pada dinding.

7. Tabloid

Tabloid yaitu surat kabar yang sama dengan koran, namun berukuran lebih kecil. penerbitannya pun tidak setiap hari, melainkan perminggu, duaminggi, perbulan. isi dari surat kabar jenis tabloid tidak begitu keras, tabloid hanya menunjukkan isu sederhana ibarat olahraga, dunia selebriti, dunia musik, kriminalitas, dan lain lain. walaupun ibarat itu, peminat tabloid memang masih banyak. jadi kini perusahaan produksi koran juga beralih menciptakan versi tabloid mereka, contohnya koran tempo dan republika.
Tabloid. Gambar : thelinggarjati.blogspot.co.id
Kalau dilihat dari segi tampilannya Tabloid dan Majalah hampir ibarat apalagi isinya sama-sama berupa informasi. namun perlu teman ketahui, perbedaan Majalah dan Tabloid yaitu dari segi ukurannya dan isi dari tabloid berupa isu hot, sedangkan majalah kebanyakan tips maupun gaya hidup. niscaya kita bisa tahu sendiri, kalau sudah baca keduanya. majalah menyuguhkan seputar informasi yang mungkin mempunyai kegunaan hingga beberapa tahun sementara tabloid berisi isu konkret yang hanya popluer pada beberapa hari saja.

8. Buku


Buku yaitu kumpulan kertas yang dijilid menjadi satu dan didalmnya terdapat goresan pena atau gambar. setiap kertas pada buku disebut halaman. buku merupakan media yang dibentuk untuk menunjukkan informasi yang luas untuk menambah wawasan bagi pembacanya. 

Ukuran buku banyak macamnya namun standarnya yaitu ukuran A4, bila buku dibentuk terlalu besar niscaya akan menyusahkan orang yang membacanya. namun beberapa tahun lalu, sempat keluar buku terbesar didunia berjudul "This is Muhammad". buku terbesar dan terberat ini menceritakan perihal kehidupan Nabi Muhammad SAW, berdasarkan "muslimdayli.net" buku ini mempunyai harga US$ 1,323 Juta. 

Jenis buku juga bermacam macam, tergantung tema informasi di dalamnya. ada buku pendidikan, buku novel , buku harian (diary) dan sebagainya.

     Itulah 8 Contoh Media Cetak Yang Sering Digunakan masyarakat indonesia dari dulu hingga sekarang. namun dengan berkembangnya teknologi, ada kemungkinan media cetak akan kurang peminatnya.

Contoh Kasus, Pengguna Koran Harian. Kalau dulu orang setiap pagi menunggu koran yang terbit dan ingin tau isu apa yang paling hot dan populer. namun di era digital sekarang, lewat Smartphone saja kita sudah bisa mengetahui isu paling ter update setiap harinya. memang koran masih ada, namun kharismanya tidak ibarat dulu lagi. cukup isu lokal yang masih bisa di pertimbangkan.

Sekian dulu dari saya. semoga bisa menambah wawasan teman perihal dunia grafis khususnya media cetak. terima kasih - Assalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Teladan Media Cetak Yang Sering Digunakan"

Posting Komentar