Pengertian Poster,Ciri-Ciri,Tujuan,Jenis-Jenis Poster

Assalamualaikum. Poster merupakan suatu karya yang bisa kita lihat dimana-mana, apalagi pada lingkungan yang ramai. efek poster sebagai media cetak publikasi sudah menjamur semenjak dulu, sebab mudah, cepat dan tidak memakan banyak biaya (tergantung jumlah produksinya). namun apakah, sobat sobda mengetahui Pengertian Poster,Ciri-ciri,Tujuan,Jenis poster ? kalau masih belum begitu paham, maka bacalah artikel ini hingga habis, dijamin bisa mengerti tetnang poster lebih jauh lagi.
 Poster merupakan suatu karya yang bisa kita lihat dimana Pengertian Poster,Ciri-ciri,Tujuan,Jenis-jenis Poster
Ilustrasi wacana poster

1. Pengertian Poster

Menurut hasil pengamatan dari banyak sekali sumber dan pengalaman, Poster adalah suatu karya seni berupa kertas berisikan gambar atau abjad yang dipasang pada dinding atau permukaan vertikal. poster memuat banyak sekali macam informasi, tergantung jenisnya yang ditujukan untuk khalayak ramai. poster biasanya dipasang ditempat umum semoga gampang terlihat dan desainnya harus menarik perhatian. poster digunakan untuk banyak sekali tujuan, ibarat :mengajak, mengingatkan masyarakat, melarang, menyarankan, menasehati dan masih banyak lagi. 

Menurut Wikipedia, Poster yaitu lembaran kertas besar yang dirancang sedemikian rupa dan harus terpasang pada dinding dan permukaan vertikal.

Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Poster atau plakat yang dipasang pada daerah umum bertujuan sebagai pengumuman atau iklan.

Dari beberapa pengertian poster diatas, kita sudah bisa menyimpulkan apa itu poster. lebih jelasnya lagi lanjutkan kebagian 2.

2. Ciri-ciri & Syarat Poster

Supaya lebih memahami ibarat apa poster itu, maka kita harus mengetahui ciri-ciri poster. berikut beberapa point yang akan menjelaskan bentuk dari poster:
  • Poster berisikan abjad ataupun gambar sebagai ilustrasi dan gosip yang sanggup dimengerti.
  • Ukuran poster relative besar, sehingga gampang dilihat maupun dibaca oleh khalayak.
  • Tertempel pada dinding atau bidang yang vertikal.
  • Biasanya mempunyai perpaduan warna mencolok, semoga gampang mendapat perhatian.
  • Rata-rata slogan atau kalimat utamanya berukuran besar.
  • Terbuat dari material kertas dan sejenisnya semoga gampang ditempelkan dimana saja.
  • Isi dari poster sanggup menyakinkan pembaca walaupun singkat.
Supaya pembuatan poster lebih maksimal, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dikala membuatnya. semoga tujuan dari poster bisa terlaksana dengan matang. berikut syarat dan hal yang perlu di perhitungkan:
  • Kalau bisa poster dibentuk dengan singkat padat dan jelas, semoga pembaca tidak membuang waktunya.
  • Buatlah inti dari poster mencolok, ibarat kalimat slogan ataupun gambar ilustrasi yang menjelaskan isi poster tersebut.
  • Gunakan warna yang mencolok dan kontras. jangan menciptakan perpaduan yang bisa menciptakan isi dari poster tenggelam. contohnya hitam bersebelahan dengan abu-abu akan sulit untuk dibaca. 
  • Berikan gambar yang unik dan belum pernah dilihat oleh khalayak. semoga mereka heran dan menyempatkan membaca isi dari poster tersebut.
  • Bbuatlah 2 sampel atau lebih, lalu biarkan orang lain menilai mana poster yang lebih menarik.
  • Perhatikan kualitas cetakan. semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin baik.

3. Tujuan Poster

Poster dibentuk sebab mempunyai maksud dan tujuan. bila tidak, berarti itu bukan poster, melainkan karya seni yang sekedar untuk pajangan atau untuk mendapat evaluasi saja. daerah yang paling banyak terdapat poster yaitu perkotaan, cobalah melihat isi dari poster tersebut. niscaya semuanya mempunyai tujuan, contohnya melarang merokok, mengajak hidup sehat, menasehati kita untuk menjaga kebersihan dan lain-lain. tujuan poster itu sendiri tergantung dari temanya.  

4. Jenis-jenis Desain Poster

Dalam dunia desain poster, kita juga harus mengetahui jenis-jenis atau macam-macam poster. semoga lebih gampang mengkategorikan poster yang mau dibuat. secara umum, poster dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

Poster berdasarkan isinya

Kategori poster yang dilihat dari isinya sanggup dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni:
  1. Poster Pendidikan merupakan poster yang berisikan hal-hal mendidik, mulai dari kalangan muda hingga yang tua. misalhnya poster PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang mengingatkan orang renta semoga memperhatikan pendidikan anak mereka.
  2. Poster Layanan Masyarakat yaitu poster yang berisikan gosip wacana pelayanan masyarakat, mulai dari pemerintahan, pendidikan,  kesehatan dan masih banyak lagi. contohnya yaitu poster Pelayanan Posyandu yang bertujuan untuk menginformasikan pada orang-orang untuk membawa anaknya ke posyandu.
  3. Poster Kegiatan ialah poster yang memuat gosip wacana suatu acara tertentu. biasanya memperlihatkan gosip waktu, tempat, dan tanggal diadakannya kegiatan. contohnya poster Pameran Desain Grafis yang akan diadakan di Kendari 25 Juni 2017..
  4. Poster Niaga yaitu poster yang berisikan penawaran barang atau jasa oleh perseorangan ataupun perusahaan. contonya poster 

Poster Menurut Tujuannya

  1. Poster Propaganda yang bertujuan untuk memperlihatkan semangat dan motivasi terhadap khalayak. contohnya poster dijaman kemerdekaan indonesia yang bertujuan memperlihatkan semangat pada para pemuda. 
  2. Poster Afirmasi yaitu poster yang dibentuk untuk memperlihatkan motivasi dan pandangan gres kepada pembacanya untuk meraih kesuksesan. contohnya poster wacana beasiswa dan bimbingan belajar.
  3. Poster Riset merupakan poster yang berisikan gosip seputar penelitian dan hasil penelitian untuk mendapat pertolongan dari khalayak. biasanya terpadat pada papan pengumuman sekolah dan kampus.
  4. Poster Wanted yaitu poster yang dibentuk untuk mencari orang yang hilang, mencari buronan dan mencari karyawan pada suatu perusahaan. pola yang paling sering kita lihat yaitu poster lowongan kerja dan encarian orang hilang. kalau jaman dulu, paling sering digunakan mencari penjahar kriminal, sebab media digital masih belum ada.
  5. Poster Komik yaitu poster yang buat dengan bentuk ibarat sebuah komik. selain untuk mempopulerkan komik pada masyarakat, juga untuk memperlihatkan gosip lainnya namun dalam bentuk komik. imbas yang ditimbulkan yaitu pembaca menjadi nyaman sebab gaya penyampaian informasinya seolah sedang baca komik.
  6. Poster Film yaitu poster untuk mempromosikan film-film terbaru semoga masyarakat tidak ketinggalan. biasanya dibentuk oleh pemilik bioskop semoga mendapat banyak kunjungan penonton.
  7. Poster Cheesecake merupakan poster yang dibentuk untuk menarik perhatian khalayak dengan memakai gambar artis, selebriti, bintang film dan lain-lain. 
  8. Poster Kampanye yaitu poster yang bertujuan mendapat pertolongan dari masyarakat kepada orang-orang tertentu. pola yang paling sering kita lihat yaitu poster pemilu.
  9. Poster Kelas yaitu poster mempunyai gosip seputar pengatahuan, motivasi, siswa-siswi dan lain-lain. biasnya terdapat pada sekolah-sekoalh, penempatannya pada dinding sekolah dan papan pengumuman siswa.
  10. Poster Komersil yaitu poster yang berisikan promosi barang ataupun jasa yang dimiliki suatu perusahaan. paling banyak ditemukan pada mall dan sentra perbelanjaan lainnya. poster ini desainnya harus semeriah mungkin, semoga orang bisa melihat kelebihan produk tersebut. biasanya berisi model aktor/artis terkenal.

Manfaat Poster Dalam Kedidupan Sosial

Setelah mengetahui beberapa unsur diatas, maka kita lanjutkan ke manfaat poster bagi kehidupan dijaman sekarang. aku ajak sobat berpikir dan mencerna, apa sih dampak faktual yang selama ini dirasakan dikala melihat poster.

Menurut pengamatan aku sendiri, ada beberapa manfaat poster antara lain:
  • Memudahkan gosip menyebar secara luas.
  • Memberikan pandangan gres bagi orang-orang yang melihatnya.
  • Menjadi mata pencaharian terhadap orang yang mempunyai kemampuan desain grafis.
  • Bisa dijadikan sebagai alat untuk memperlihatkan saran, kritik, motivasi, dan bimbingan terhadap khalayak secara umum. 
  • dan masih banyak lagi.

Untuk sobat yang ingin berguru menciptakan poster, blog https://www.ngeeneet.com/ sudah mempunyai beberapa tutorial dan contoh-contoh poster, sebagai berikut:
Sumber Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Poster
https://kbbi.web.id/poster

Seperti itulah pengertian samapi dengan jenis poster. semoga bisa menambah ilmu gres bagi kita semua. bila ada kesalahan mohon pencerahannya, pada dasarnya artikel ini dibentuk untuk saling mengembangkan informasi. terima kasih sudah berkunjung - Assalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Poster,Ciri-Ciri,Tujuan,Jenis-Jenis Poster"

Posting Komentar