Cara Menggambar 3D Art Pensil Untuk Pemula

Assalamulaikum. Pertemuan kali ini, grafis-media mau bagi-bagi ilmu ihwal "Cara menggambar 3d art pensil" untuk pemula. bagi yang sudah sering melihat gambar 3d dikertas yang terlihat menyerupai nyata, niscaya ingin tau bagaimana caranya. sebenarnya, itu sangatlah mudah. teman hanya perlu tahu dasarnya saja. kemudian tinggal dikembangkan sesuai kreativitas masing-masing.

Dasar Menggambar 3d 

Sebelum membuat gambar 3d, sebetulnya kita harus mengetahui dulu apa itu 3D atau 3 Dimensi. 

Gambar 3d (3 dimensi) yaitu gambar yang mempunyai sumbu X, Y dan Z. dimana sumbu ini akan membuat nuansa 3d. lebih sederhananya yaitu gambar yang mempunyai panjang, labar, tinggi. 


Gambar diatas merupakan rujukan perbedaan sumbu 2 dimensi dan 3 dimensi. jadi jika 2d hanya x dan y, sementara 3d ditambaah satu lagi yaitu sumbu z. dimana sumbu z ini akan memperlihatkan nuansa jarak pada gambar. 


Apa Saja Kriteria Yang Menjadikan Gambar Terlihat 3D ?

1. Memiliki panjang, lebar dan tinggi
2. Memiliki Perbedaan kuantitas warna pada bidang yang ada.
3. Terdapat bayangan

Latihan Membuat Objek 3D Sederhana


Hanya dengan 3 syarat diatas, dijamin teman sudah bisa membuat gambar 3D.  baiklah mari kita coba satu persatu.

1. Buatlah kotak kubus menyerupai gambar dibawah.

2. Setelah itu, buatlah arsiran intensitas warna dari putih menuju hitam yang paling gelap. berikan 10 kotak, dan mulailah dari no.1 KE 10. semakin ke 10 maka warnanya semakin gelap. susunan warna menyerupai ini biasa disebut Value.

Setelah jadi, kemudian isikan arsiran tersebut ke bidang kubus tadi. 

Disini posisi cahaya berada dibagian depan. jadi bidang yang paling terperinci yaitu Bidang 1, kemudian Bidang 2, dan yang paling gelap adalh Bidang 3. silahkan lihat gambar, disitu sudah ada keterang arsiran mana yang aku pakai.
Untuk sementara bentuk kubus sudah makin berpengaruh unsur 3 dimensinya. alasannya yaitu sudah mempunyai 3 sumbu, dan dipadukan dengan perbedaan warna pada tiap bidang. 

3. Selanjutnya, untuk lebih menyempurnakan. maka kita tambahkan bayangan. alasannya yaitu setiap objek yang terkena cahaya niscaya mempunyai bayangan. nah menyerupai inilah hasil akhirnya. 
Cukup dengan 3 point diatas, maka gambar 3d sudah bisa tercipta.


Studi Kasus Gambar 3d Art Pencil

Contoh gambar tebing yang mempunyai lubang ditengahnya. gambar ini sepenuhnya mengikuti hukum yang sudah kita buat diatas. namun ditambah lagi dengan kreatifitasnya. orang ini hanya membuat gambar 3d yang sederhana, kalian juga bisa. tetapi memanipulasi sudut pandang kamera, sehingga pada satu titik, kita akan melihatnya menyerupai ada lubang faktual pada kertas.
contoh gambar 3d art keren

Ini beliau videonya, bisa dilihat sendiri dan pelajari.


Contoh Gambar 3D Art Pensil Keren 

Berikut beberapa rujukan gambar 3d karya senima-seniman dunia. 
sumber: drawingartistic.com
Kalau gambar 3d nama ini, menggunakan teknik memotong kertas. dibagian karakter a itu sebetulnya ada kertasnya pada tahap pembuatan. namun saat sudah jadi, kertasnya digunting sesuai pola huruf. sehingga pas dilihat dari sudut tertentu, seolah tulisannya berada diatas kertas bro.
tulisan 3d art
gambar 3 dimensi diatas kertas

Kesimpulan

Inti dari sebuah gambar 3d art yaitu bayangan, sumbu x,y,z dan perbedaan warna bidang alasannya yaitu intensitas cahaya.
Cara membuat doodle art untuk pemula
Baiklah, biar ilmu yang aku berikan ini bermanfaat. walaupun tidak begitu sempurna, biar bisa menjadi komplemen referensi untuk kalian semua. terima kasih sudah berkungjung - Assalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggambar 3D Art Pensil Untuk Pemula"

Posting Komentar