Cara Mengatasi Pengaturan Yang Force Close Di Hp Android

Menu setelan yang ada pada HP android menjadi suatu sajian yang sangat penting dan sangat diharapkan dalam melaksanakan kostumisasi pada tampilan, suara, SIM card, aplikasi dan lainnya. Akan menjadi duduk kasus besar kalau fitur pengaturan mengalami duduk kasus lantaran pengguna android tidak akan sanggup melaksanakan aktifitas multitasking sama sekali.

Hal ini ditandai dengan munculnya pesan error “Unfortunately, Setting Has Stopped” atau dalam bahasa indonesia “Sayangnya, Pengaturan/Setelah Telah Berhenti”. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai masalah-masalah yang menjadi keluhan yang sering dialami oleh pengguna android tersebut. Banyaknya pengguna yang memakai sistem operasi android sering mendapat keluhan baik keluhan mengenai software maupun hardware. 
Namun yang akan kita bahas disini ialah mengenai sistem software yaitu aplikasi android yang tiba-tiba terhenti, No respon, minta di tutup, keluar sendiri, serta tidak menanggapi atau sanggup disebut force close. Sebagai pengguna android niscaya anda tidak akan nyaman dengan kondisi menyerupai ini, maka dari itu disini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi HP android yang force close secara tiba-tiba. Dari beberapa rujukan saya menemukan bahwa beberapa hal yang menyebabkan aplikasi android berhenti tiba-tiba disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Menumpuknya File Chace


File Chace termasuk kedalam file sampah yang ada pada android. menumpuknya file chace yang ada pada android sanggup menyebabkan kinerja dari android anda menjadi lemot. Hal inilah yang menyebabkan force close pada beberapa aplikasi yang tengah anda gunakan lantaran ketika android anda melot maka kinerja sistem pada HP android anda akan  mengingkat dan tidak kuatnya beberapa sistem untuk menahan beban tersebut

 RAM Android Penuh


Salah satu penyebab aplikasi yang force close secara tiba-tiba ialah RAM android yang penuh. Hal ini mungkin dikarenakan spesifikasi yang ada pada HP androis anda kurang mumpuni, contohnya RAM yang ada pada HP android anda hanya memakai RAM 512 MB atau bahkan dibawahnya. Kaprikornus jangan heran kalau HP android anda sering memunculkan notifikasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”. RAM yang penuh biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya menginstal aplikasi-aplikasi yang berukuran besar, ditambah lagi aplikasi tersebut selalu aktif di belakang layar.

Aplikasi Masih BETA


Penyebab yang lainnya ialah aplikasi yang anda gunakan masih versi BETA. Aplikasi yang masih BETA ialah aplikasi yang belum stabil artinya aplikasi yang anda instal masih dalam tahap uji coba sehingga masih banyak kekurangan dan banyak bugs.

Aplikasi yang Tidak Compatible


Aplikasi yang kurang kompatible pada android anda juga sanggup menyebabkan force close pada aplikasi. Hal tersebut berafiliasi dengan versi OS android anda, contohnya aplikasi yang anda instal tersebut mempunyai rekomendasi untuk android 5.0 Lollipos sedangkan HP android yang anda gunakan masih android 4.4 Kitkat. Hal ini menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan baik, ditambah lagi kalau anda suka mengunduh file aplikasi selain di Google Play Store.

Data Aplikasi Corupt


Penyebab yang lain ialah Data aplikasi yang corrupt. Dapat dipastikan kalau anda memakai data aplikasi yang corrupt akan menyebabkan error pada ketika menjalani aplikasi tersebut, hal ini disebabkan lantaran pengguna android suka mengunduh games obb data disitus penyedia Aplikasi bukan di Google Play Store.

Hardware HP Sudah Tua


Lama-kelamaan HP android yang sering anda gunakan akan lama lantaran sudah terlalu lama digunakan. Hal ini juga sanggup menyebabkan HP android menjadi force close secara tiba-tiba lantaran hardware pada HP android anda mengalami penurunan performa. Kaprikornus untuk anda yang mempunyai HP android yang sudah lama tidak perlu heran apabila sering muncul notifikasi force close.

Itulah beberapa hal penyebab aplikasi android yang berhenti tiba-tiba. Lalu bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah-masalah force close yang terjadi pada HP android anda:

Hapus Data Chace


Cara pertama mengatasi Launcher yang force close pada android anda ialah dengan menghapus data dan chace atau yang disebutkan pada aplikasi launcher tersebut. Untuk mengatasi duduk kasus tersebut anda sanggup mencoba tips yang satu ini

Cara mengatasi launcher yang force close pada samsung:

  • Buka pengaturan yang ada pada HP android anda
  • Pilih manajer aplikasi
  • Jika sudah anda sanggup pilih tab semua lantaran launcher bawaan smartphone android anda tidak akan ditampilkan pada tab download
  • Cari nama launcher yang bermasalah, contohnya laucher samsung atau launcher dari pihak ketiga
  • Lalu tap hapus chache kemudian pilih hapus data
  • Done, sistem android anda sudah sanggup dipastikan lebih ringan dari biasanya.

Sedangkan untuk mengatasi force close pada HP android Asus anda ialah sebagai berikut:

  • Buka setting pada layar menu
  • Kemudian pilih select apps
  • Pilih Tap all
  • Lalu pilih ZEN UI Service dan power saver
  • Kemudian tap Clear cache dan juga clear data
  • Penghapusan data cache selesai

Restart HP Android Anda


Jika masih terjadi duduk kasus force close pada android anda, anda sanggup melaksanakan restart pada HP android anda. Saat anda merestart HP android anda maka otomatis aplikasi yang berjalan di rahasia akan dilarang sehingga ketika HP android anda menyala kembali maka sistem android berada dalam keadaan fresh. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana yang perlu anda lakukan ketika HP android anda mengalami error.

Update aplikasi ke Versi yang terbaru


Jika pada ketika ini anda masih berada pada aplikasi dengan versi beta maka anda perlu menunggu versi terbaru yang lebih stabil. Jika sudah tersedia versi terbaru dari aplikasi yang anda gunakan maka segera lakukan update pada aplikasi beta tersebut ke versi yang terbaru yang disediakan oleh developer.

Memanfaatkan aplikasi pihak ketiga (SD Maid)


Bagi anda yang aplikasi settingnya tidak sanggup dipakai lagi, tidak perlu khawatir. Anda sanggup memakai aplikasi yang sanggup menjadi pihak ketiga namun cara ini membutuhkan saluran root terlebih dahulu, jadi harus dipastikan bahwa HP android anda sudah di root. 

Berikut langkah-langkah yang sanggup anda lakukan:

  • Pertama, anda harus mendownload dan menginstall aplikasi SD Maid versi terbaru.
  • Setelah selesai diinstal, buka aplikasi SD Maid kemudian tap sajian dan pilih setting kemudian AppControl dan lakukan ceklist pada potongan include System-Apps
  • Setelah selesai, kembali ke sajian kemudian pilih AppControl kemudian tap icon refresh
  • SD Maid akan mulai menscan list aplikasi yang telah diinstal. Setelah daftar aplikasi keluar eksklusif saja anda cari setting/pengaturan
  • Setelah itu pilih dan geser ke bawah, kemudian pilih force stop application. Close SD Maid kemudian cek apakah duduk kasus aplikasi setting yang force close sudah teratasi atau belum

Hard Reset atau Flashing Ulang


Jika cara-cara diatas sudah dilakukan namun balasannya tetap saja, cara terakhir yang sanggup anda lakukan ialah melaksanakan hard reset atau flashing ulang HP android ini. Cara ini terbilang sangat ampuh, namun juga berisiko lantaran cara ini sanggup menghapus semua data maupun pengaturan yang telah tersimpan. Kaprikornus untuk melaksanakan cara ini, anda disarankan untuk melaksanakan backup data terlebih dahulu sebelum mempraktikkannya. Caranya:

Pertama, lakukan backup yaitu dengan masuk ke sajian setting kemudian pilih cadangkan dan reset (Backup and Reset) dan pilih Reset Phone (reset data pabrik)
Namun kalau anda sudah tidak sanggup masuk ke pengaturan anda sanggup melaksanakan factory reset memakai dial *#*#7780#*#*
Anda juga sanggup melaksanakan reset melalui recovery mode yakni dengan cara mematikan HP android anda kemudian tekan tombol power + home + Vol untuk masuk ke mode recovery
Setelah masuk gunakan tombol volume untuk menentukan opsi
Pilih wipe data/Factory resert kemudian tekan tombol home/power
Tunggu beberapa menit untuk proses pembatalan selesai kemudian lakukan reboot.

Itulah beberapa cara yang sanggup anda gunakan untuk mengatasi duduk kasus pengaturan yang force close tiba-tiba pada HP Android. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Pengaturan Yang Force Close Di Hp Android"

Posting Komentar