Cara Flash Oppo A37 Dengan Menggunakan Komputer

www.NGEEneet.com -Saat smartphone mengalami masalah, seperti lupa password, bootloop, terkunci, lemot, error, sinyal hilang bahkan sampai mati total, maka solusi yang bisa digunakan adalah dengan melakukan flashing. Setiap smartphone tentu bisa terindikasi terkena serangan semacam ini, begitu pula dengan Oppo A37. Lalu bagaimana cara flash Oppo A37 ?
cara flash oppo a37
Tentang Oppo A37
Oppo merupakan salah satu merk smartphone yang begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Dalam merilisnya perlu membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal tersebut bukan karena tidak laku tetapi karena strategi khusus dalam pemasarannya.

Salah satu tipe Oppo adalah A37 atau biasanya disebut dengan Neo 9 yang merupakan penerus dari Neo 7 dan F Series. Harga yang dipatok di kalangan umum sebesar 2 jutaan di awal kemunculannya. Di 2019 ini harga jauh lebih murah, bahkan sulit untuk menemukan varian barunya.

Meski begitu, Oppo A37 memiliki spesifikasi cukup mewah dan memiliki kekuatan di sektor kameranya denga resolusi 8 MP dilengkapi fitur LED Flash dan Auto Focus. Layar yang digunakan berukuran 5.5 Inchi.

RAM yang dimiliki oleh Oppo A37 tergolong cukup besar yaitu 2 GB sehingga bisa memproses dengan lebih cepat. Selain itu, mesinnya memiliki tipe CPU Quad Core mencapai 1.5 GHz dari Chipset Qualcomm.

Kelebihan Oppo A37 adalah mempunyai kapasitas internal memori dan SD card masing-masing 16 dan 256 GB.  Bahan smartphone ini terbuat dari metal yang akan membuatnya semakin terlihat keren. Kamera belakangnya 8 MP dilengkapi Auto Focus, sehingga bisa mengambil gambar lebih bagus.

Kamera depan Oppo A37 5 MP. Hasil foto saat selfie dan video call sangat bagus dan cerah. Layar IPS LCD luasnya mencapai 5 Inchi. Yang terakhir, smartphone ini sudah 4G LTE. Kekurangan Smartphone Oppo A37 adalah batreinya tidak bisa dilepas, QS masih Lollipop, resolusine masih HD dan layarnya tanpa anti gores.

Pengertian Flash
Flash merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah pada Android seperti pemasangan aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan dapat membuat lemot. Selain mengurangi kapasitas penyimpanan, ternyata juga bisa memperberat kinerja CPU dan RAM. Permasalahan tersebut mengakibatkan perangkat menjadi cepat mengalami kerusakan.

Saat Oppo A37 mengalami bootloop maka harus melakukan flash (install ROM). Untuk mengatasinya, bisa menggunakan PC. Dalam melakukannya, Anda harus memasang firmware baru yang membuat smartphone kembali ke pengaturan awal. 

Firmware lama yang di dalamnya berisi data pengguna, seperti kunci pin atau kunci pola secara otomatis akan terhapus. Sebelum melakukan flash sebaiknya membackup file-file penting yang tersimpan, karena setelah proses selesaisemua isi penyimpanan internal akan hilang.

Bahan yang Dibutuhkan
Sebelum melakukan proses flash, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang dbutuhkan. Pertama sediakan komputer atau laptop yang memiliki spec tinggi.  Selanjutnya, kabel USB atau kabel data berkualitas bagus.

Bahan berikutnya yang dibutuhkan adalah Qualqomm Driver dan Firmware Oppo A 37 + Msm8x39 Download Tools. Aplikasi ini merupakan program untuk melakukan flash smartphone dengan menggunakan chipset Qualqomm.

Cara Flash Oppo A37 Tanpa PC
Sebelum melakukan flasing, Anda juga perlu terlebih dahulu menggunakan metode Hard Reset Oppo A37 sebagai langkah awal perbaikan. Jika tidak berhasil, bisa menggunakan cara flash dengan komputer untuk mengatasi masalah ini

Sebelum flash dilakukan, usahakan menggunakan Micro SD class 10, karena memiliki kecepatan transfer data yang sangat baik. Selanjutnya, pastikan baterai smartphone Anda terisi lebih dari 50% agar bisa menghindari apabila terjadi kegagalan instalasi karena kehabisan daya. 

Cara Flash OppoA37 pertama yang harus Anda dilakukan adalah mendownload firmware Oppo A37 + toll, selanjutnyadengan melakukan klik kanan, lalu ekstrak here sampai muncul folder A37fEX_11_A.07_160614.
flashing oppo a37f
Berikutnya download Qualcomm USB diver untuk Oppo A37 lalu ekstrak here sampai muncul folder qcser. Saat smartphone dalam keadaan mati, kemudian tekan volume atas dan bawah dan hubungkan ke PC menggunakan kabel USB.

Selanjutnya, cek pada device manager apakah sudah detect perangkat Oppo A37 atau belum. Sekarang Anda perlu membuka folder file yang sudah extract sebelumnya dan pilihlahMsm8x39Downloadtool.
flash oppo a37f

Langkah selanjutnya klik tombol start untuk melakukan proses finishing smartphone Oppo A37. Flashing akan berjalan dan terdapat bar indikator berwarna hijau. Kemudian, tunggu hingga semuanya selesai. Anda harus bersabar karena ini membutuhkan waktu yang cukup lama. 
Jika semua proses sudah selesai maka akan terdapat pemberitahuan sebuah log tulisan berwarna hijau “USB Download Complete”. Selanjutnya, cabut kabel data dari smartphone, kemudian Anda bisa menyalakannnya dan lihat hasilnya.
Apabila berhasil maka akan muncul menu setel ulang telepon sebelum bisa digunakan kembali, seperti zona waktu, bahasa dan sebagainya.

Itulah penjelasan dan panduan cara flash Oppo A37. Diharapkan uraian di atas bisa membantu untuk memperbaiki smartphone tipe tersebut. Agar tidak terjadi hal-tal yang tidak diinginkan lebih baik berhati-hati dalam menggunakannya dan jangan sampai terjadi lagi.

0 Response to "Cara Flash Oppo A37 Dengan Menggunakan Komputer"

Posting Komentar