4 Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Dengan Mudah

Permasalahan yang biasa terjadi pada smartphone adalah saat bootloop, tidak terkecuali bagi pengguna Xiaomi Redmi 3. Salah satu hal yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan Flash. Lantas bagaimana cara flash Xiaomi Redmi 3 ?
cara flash xiaomi redmi 3
Cara Mudah untuk Flash Xiaomi Redmi 3
Kerusakan atau gangguan yang terjadi pada sistem Android bisa diatasi sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain. Oleh karena itu,setiap pengguna smartphone khusus Xiaomi Redmi 3 perlu belajar beberapa cara flashdengan mudah. Di antaranya:

1. Menggunakan MI Flash

Jika melalui cara yang pertama ini, maka pengguna harus terlebih dahulu mengakses beberapa website untuk mendapatkan perlengkapan, di antaranya Mi PC Suite, Firmware Rom Redmi 3 dan pengguna perlu mendownload driver jika windows yang digunakan 32bit.

Adapun langkah Flash Xiaomi Redmi 3 sebagai berikut:
Pertama buka aplikasi Mi PC Suite, setelah berhasil menginstal aplikasi tersebut sambungkan Smartphone Xiaomi Redmi 3 dengan Mi PC Suite.


Pengguna bisa langsung mengestrak ROM yang telah di download dan mematikan smartphone, kemudian tekan bagian tombol power dan volume secara bersamaan. Lalu Klik bagian warna merah, kemudian hubungkan smartphone dengan PC menggunakan kabel USB. instal Mi Flash lalu klik browser untuk mencari lokasi folder ekstrak ROM.

Terakhir klik Refresh lalu klik juga Flash All. Setelah langkah tersebut dilakukan semua dan secara runtut, tunggu sampai proses terselesaikan dengan ditandai muncul status The Operation Completed Succesfully.

2. Menggunakan Via Updater

Sebenarnya menggunakan updater tidak hanya untuk Xiaomi Redmi 3  tetapi bisa untuk redmi 4, redmi note 3/pro dan lain lain. Langkah awal sebelum melakukan flash pada xiaomi redmi 3 yakni, pastikan telah mendownload ROM Last Version Device dan pindahkan ROM ke folder internal Storage/Downloaded rom.

Buka bagian setting lalu pastikan menemukan about phone dan klik bagian sistem update, lalu pilih tombol 3 di pojok atas dan klik choose update package. Masuk ke folder uang berisi file firmware ROM.

Terakhir tekan OK dan perangkat akan melakukan restart dan flash secara langsung (otomatis). Perlu diketahui juga bahwa pada umumnya ROM akan berformat Zip dan proses booting memerlukan waktu yang lama, sehingga jangan langsung menekan tombol power.

Selain itu, pastikan perangkat sudah diwipe datanya untuk mengurangi resiko bug dari ROM sebelumnya

3. Menggunakan FastBoot

Cara flash Xiaomi Redmi 3 yang berikutnya adalah dengan metode Fastboot Xiaomi. Untuk melakukan langkah ini maka pengguna harus terlebih dahulu mengakses beberapa situe untuk mendownload hal yang dibutuhkan seperti,Stock ROM Xiaomi Redmi 3, ADB, Fastboot driver serta Mi Flash.

Cara flash Xiaomi Redmi 3 yaitu, instal Mi Flash di laptop terlebih dahulu. Kemudia ekstrak stokrom atau bagiam Mi Flash. Pada aplikasi ini terdapat bagian browse, maka klik tombol tersebut dan pilih lokasi penyimpanan file ROM kemudian Klik advanced.

Dibagian fastboot pilih script ROM. Pada bagian ini ada 3 script dengan fungsi yang berbeda beda, sehingga pengguna bisa milih sesuai kebutuhan. 

1. Flash_all.bat yang digunakan untuk install ROM namun juga menghapus data user dan file di memori internal
2. Flash_all_except_storage.bat yang digunakan untuk Install ROM dan akan menghapus data pengguna.
3. Flash_all_except_data_storage.bat yang digunakan untuk Install rom tetapi tidak menghapus data apapun.

Setelah memilih script, matikan smartphone sejenak. Lalu masuk pada mode fastboot dengan menekan volume dan power secara bersamaan hingga logo Xiaomi muncul kembali. Pasang perangkat redmi 3 dengan komputer melalui kabel USB.

Buka lagi aplikasi Mi Flash dan klik refresh. Setelah ID Device terlihat, klik Flash dan tunggu hingga proses berakhir. Terakhir, perangkat akan melakukan restart secara otomatis dan pengguna bisa melepas smartphone dari USB.

4. Menggunakan ADB

Seperti cara yang sudah dibahas diawal, sebelum melakukan proses flash maka harus mendownload perlengkapan berikut, ADB Minimal and Fastboot, Fastboot ROM dan Mi Flashh Tool untuk mengistal driver.

Jika semua bahan sudah di download, maka berikut langkah flash Xiaomi Redmi 3. Instal ADB Minimal and Fastboot, Mi Flashh tool. Ekstrak file Fastboot ROM ke directory ditempat menginstal ADB Minimal and Fastboot, pada langkah ini pastikan tidak ada lagi file di dalam folder images.

Matikan smartphone sejenak lalu masuk ke Fastboot Mode dengan menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Pada folder Minimal ADB and Fastboot, tahan tombol Shift pada keyboard lalu klik kanan pilih open command window here.

Lalu ketikkan perintah seperti berikut dan akhiri dengan enter.
- Fastboot flash tz tz.mbn
- fastboot flash dbi sdi.mbn
- fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
- fastboot flah rpm rpm.mbn
- fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
- fastboot erase boot
- fastboot flash misc misc.img
- fastboot flash modem NON-HLOS.bin
- fastboot flash system system.img
- fastboot flash cache cache.img
- fastboot flash userdata userdata.img
- fastboot flashrecovery recovery.img
- fastboot flash boot boot.img
- fastboot reboot

Terakhir  tunggu Redmi 3 otomatis reboot dan  masuk ke homescreen. Waktu ini akan lama, jadi harap lebih bersabar.

Itulah 4 Alternatif cara flash Xiaomi Redmi 3. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi pengguna Xiaomi Redmi 3 khususnya saat menghadapi gangguan pada smartphone.

0 Response to "4 Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Dengan Mudah"

Posting Komentar