8 Distro Linux Ringan Cocok Dengan Processor Agen Rahasia Atom

Diposting pada
Prosesor Intel Atom adalah jajaran mikroprosesor tegangan rendah yang pertama kali muncul pada tahun 2008. Mereka memberi daya pada banyak perangkat ultra-portabel, seperti netbook, net-top, dan tablet. Tetapi Atom yang irit daya dengan cepat menunjukkan batasnya untuk mengimbangi perangkat lunak dikala ini. 
Itu tidak berarti Anda mesti membiarkan perangkat Anda yang berdaya Atom membiarkannya tersimpan di dalam lemari! Anda dapat menghidupkannya kembali dengan distribusi Linux. Sistem operasi Linux lazimnya menggunakan sumber daya tata cara lebih sedikit ketimbang rekan-rekan Windows mereka, dan tidak ada kekurangan opsi. 
Berikut yaitu distro Linux ringan terbaik untuk netbook dengan prosesor Intel Atom. 
Puppy Linux memperlihatkan jejak memori kecil (atau jejak). Ini sekitar 300MB dan mampu hidup di flash drive dan DVD. Anda bahkan dapat menjalankan seluruh tata cara operasi dari RAM. Melakukannya memperlihatkan pengalaman cepat pada perangkat apa pun, mengatasi kecepatan baca-tulis hard drive yang lambat. Ini menjadikan Puppy Linux versi Linux yang ideal untuk netbook. 
Versi Puppy Linux didasarkan pada rilis sumbangan jangka panjang Ubuntu, sehingga Anda dapat tetap menginstal desktop ini untuk waktu yang lama. 
Lubuntu menjadikannya ringan dan cepat. Versi yang lebih baru menggunakan lingkungan desktop LXQt, meskipun model pemberian jangka panjang terbaru masih menyediakan LXDE. Lubuntu menyediakan desktop netbook Linux yang manis untuk orang-orang yang tidak mau mengutak-atik komputer mereka terlampau banyak. 
Persyaratan sistem tidak menuntut. Situs web Lubuntu menganjurkan RAM 1GB untuk aplikasi web intensif seperti YouTube, Facebook, dan Google Documents. 
Linux Mint (MATE atau Xfce) 
Mengenai distribusi Linux, Mint ialah salah satu opsi yang lebih populer. Distribusi berbasis Ubuntu dan Debian memiliki keanggunan yang modern dan sederhana. Ini juga sungguh user-friendly. Aplikasi dan codec multimedia gampang ditemukan. 
Ada beberapa varian Linux Mint yang tersedia, dengan MATE dan Xfce secara virtual diikat sebagai pola andal Linux untuk prosesor Intel Atom. Keduanya sangat sesuai untuk netbook dan kebanyakan komputer di bawah daya kebanyakan. Dari semua distribusi dalam daftar ini, Mint menunjukkan pengalaman yang paling fungsional dan lengkap. 
Meskipun kami sudah menentukan Linux Mint untuk pesona khusus untuk pendatang baru, hampir semua distro yang melakukan MATE atau Xfce juga akan berlangsung. Jika Anda lebih senang Ubuntu, Fedora, atau openSUSE, cobalah saja. Dibandingkan dengan opsi lain dalam daftar ini, MATE atau Xfce dapat berjalan lebih baik di netbook dengan lebih banyak RAM. 
BunsenLabs 
Seiring distribusi Linux yang ringan, BunsenLabs yaitu salah satu penawaran yang paling ramping. Ini adalah kelanjutan dari CrunchBang, yang menghindari lingkungan desktop tradisional demi model yang diperbarui dari manajer jendela Openbox. 
Sementara distro berbasis Debian ini memaafkan prosesor Atom, desainnya yang sederhana mungkin tidak untuk siapa pun. Anda tidak akan memperoleh permen mata yang Anda lihat di Lubuntu atau Linux Mint. 
BunsenLabs bukan satu-satunya distro yang menenteng obor CrunchBang, tetapi sepertinya itu yakni yang paling aktif. Opsi lain yaitu CrunchBang ++. Jika Anda merasa ingin bertualang, Anda dapat melaksanakan versi rilis bergulir menurut Arch Linux, yang disebut ArchBang
Kecil, cepat, dan dapat di-boot dari banyak sekali media penyimpanan, Porteus yaitu distribusi netbook Linux yang hebat. Di bawah 300MB, ini sangat efisien, hadir dalam paket 32-dan 64-bit, dan dapat di RAM. Perhatikan bahwa Porteus bersifat modular, jadi dibandingkan dengan memakai manajer paket dan menghubungkan ke internet selama instalasi permulaan, Porteus menyediakan modul pra-kompilasi yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan sebelum menginstal. 
Ini semua hadir bersama dalam pengalaman efisien yang dapat boot dalam waktu kurang dari 30 detik, mengakibatkan Porteus model teratas Linux untuk netbook. 
Ingin pengalaman Intel Atom Linux yang unik? Lihat Elive, distro Linux yang sangat kecil dengan lingkungan desktop kustom sendiri. Banyak aplikasi dan beberapa game telah diinstal sebelumnya. Mereka timbul di dermaga di bab bawah layar. 
Elive tidak diarahkan untuk pendatang baru atau penggunaan perusahaan. Untuk siapa ini? Berikut tim pengembangan memberi tahu Anda: 

“Elive tidak dibentuk untuk pemula. Elive tidak dibentuk untuk orang yang terlatih. Elive tidak dibuat untuk perusahaan atau pengguna eksklusif. Elive yaitu seni. Ini hanya untuk orang-orang yang menghargainya dan ingin menggunakannya. Jangan ragu untuk menjajal Elive, karena hanya Anda yang menetapkan apa yang Anda kehendaki di dunia ini! ” 

Meskipun tidak jelas untuk siapa hidup ini, kami tahu untuk apa Elive: mesin usang atau kurang bertenaga. Persyaratan minimum untuk Elive adalah kecepatan CPU 500MHz, RAM 198MB, dan ruang hard drive 700MB. 
Jika netbook Intel Atom Anda yaitu komputer sekunder, mengapa tidak menggunakannya untuk melakukan perangkat lunak yang mungkin terlalu nervous untuk dijalankan di mesin utama Anda? Pertimbangkan Bodhi Linux. Proyek Linux kecil ini telah ada selama bertahun-tahun. Tidak memiliki tenaga yang Anda peroleh di proyek yang lebih besar, namun fungsional. 
Dengan Bodhi Linux berlangsung di netbook, Anda dapat mengikuti pekerjaan yang terjadi pada antarmuka desktop Moksha yang unik dan relatif tidak diketahui . Ini mungkin hanya membuat Anda lebih dari pengalaman yang seimbang mirip LXQt dan Xfce. 
Bodhi Linux memerlukan setidaknya prosesor 500MHz, RAM 128MB, dan ruang disk 4GB. 
wattOS 
Saat Anda melihat distro Linux ringan yang unik, tambahkan wattOS ke daftar Anda. Inti dari wattOS adalah untuk mengambil Ubuntu dari semua yang tidak penting, kemudian menambahkan window manager i3 di atasnya. Edisi “Microwatt” ini cuma membutuhkan 192MB RAM dan 700MB ruang disk. 
Jika Anda lebih suka antarmuka yang lebih lazim, coba edisi LXDE sebagai gantinya. Dibutuhkan sedikit lebih banyak RAM, namun bahkan pada netbook Intel Atom, itu mungkin bukan duduk perkara besar.