9 Sistem Operasi Raspberry Pi Yang Bukan Linux

Diposting pada
Mencari cara untuk mengoptimalkan Raspberry Pi Anda untuk Menjalankan proyek yang hanya memerlukan sesuatu yang lebih? Jadi mengapa tidak mempertimbangkan tata cara operasi non-Linux? Beberapa sudah dirilis, atau disesuaikan, untuk digunakan pada Raspberry Pi.
Daftar OS Raspberry Pi Non-Linux untuk tahun ini
Mencari metode operasi Raspberry Pi yang bukan Linux? Sembilan alternatif ini harus sesuai dengan Anda:
  • Windows 10
  • Windows 10 IoT Core
  • NetBSD
  • OpenBSD
  • RISC OS
  • Android
  • Android Things
  • Plan 9
  • Chromium OS

Ini campuran yang menggoda, bukan? Mari kita melihat masing-masing dan menolong Anda memutuskan sistem operasi Raspberry Pi mana yang mau Anda instal berikutnya.
Windows 10 pada Raspberry Pi
Sebagian besar pengguna Raspberry Pi bahagia dengan Linux alasannya aneka macam argumentasi, paling tidak alasannya adalah itu gratis untuk dipakai dan open source. Namun luar biasa, ada model gratis Windows 10 yang akan berjalan di Raspberry Pi 3B dan 3B +.
Tersedia dua alat: Penyedia WOA untuk Raspberry Pi dan Windows pada Raspberry Imager. Keduanya pada dasarnya melaksanakan hal yang sama. Setelah dilakukan, mereka merencanakan versi Windows 10 pada ARM yang lalu ditulis ke kartu SD.
Tidak percaya mana yang mesti dipilih? Jika Anda ingin semuanya berjalan dengan baik, pilih Deployer WOA untuk Raspberry Pi. Perlu beberapa pilihan konfigurasi? Gunakan Windows on Raspberry Imager.
Unduh: Windows pada Raspberry Imager
Windows 10 IoT Core
Mencari sesuatu yang lebih fungsional ketimbang Windows 10? Internet model khusus Microsoft untuk hal-hal ideal untuk proyek IoT. Kompatibel dengan Raspberry Pi (dan tersedia sebagai opsi di NOOBS), Microsoft menggambarkan Windows 10 IoT Core sebagai “… versi Windows 10 yang dioptimalkan untuk perangkat yang lebih kecil dengan atau tanpa layar, dan yang berjalan pada Raspberry Pi 2 dan 3, Panah DragonBoard 410c & MinnowBoard MAX. Windows 10 IoT Core menggunakan API Universal Windows Platform (UWP) yang kaya dan dapat dikembangkan untuk membangun solusi ahli. “
Ini membuatnya mirip dalam banyak hal dengan Android Things (lihat di bawah).
Perbedaan antara ini dan tata cara operasi lain yang tercantum di sini ialah bahwa ini lebih merupakan metode penyebaran. Dengan aplikasi yang digunakan (baik dari pilihan default, atau yang sudah Anda kembangkan), Raspberry Pi intinya menjadi aplikasi.
NetBSD
Juga berasal dari UNIX yaitu NetBSD, lebih akrab dengan BSD (Berkeley Software Distribution), yang merupakan perpanjangan dari UNIX.
Tapi apa yang BSD tawarkan terhadap pengguna Raspberry Pi? Yah, seperti Linux, BSD ialah open source, dan seperti UNIX. Banyak aplikasi dan utilitas berfungsi pada keduanya, yang berarti beralih ke BSD yakni pilihan termudah dalam daftar ini. BSD memiliki kekuatan yang tidak dimiliki Linux, mirip konektivitas GPIO yang lebih baik.
Unduh: RaspBSD untuk Raspberry Pi 2 dan 3
OpenBSD untuk Raspberry Pi 3
Sebagai alternatif untuk FreeBSD, OpenBSD untuk Raspberry Pi lebih cocok untuk digunakan selaku server jaringan. Banyak eksekutif menilai OpenBSD sistem operasi server paling aman yang tersedia.
Makara, bila tujuan Anda yakni mendapatkan tata cara operasi non-Linux untuk proyek server, OpenBSD ialah opsi terbaik Anda.
Di luar perbedaan ini, OpenBSD sangat mirip FreeBSD. Perhatikan bahwa kurangnya driver Sekolah Dasar di OpenBSD mempunyai arti Anda harus menginstalnya ke drive USB. Sampai kini belum ada versi OpenBSD untuk Raspberry Pi 4, jadi tetap gunakan versi Pi 3.
RISC OS
Pilihan hebat yang lain ialah RISC OS, yang berakar pada viralkomputasi rumah tahun 1980-an. Menariknya, ini dikembangkan di Cambridge, di mana Raspberry Pi disusun, dan di mana Yayasan Raspberry Pi berada.
RISC OS yaitu salah satu tata cara operasi yang dapat Anda instal menggunakan alat instalasi NOOBS. [LINK] Cepat dan dengan antarmuka pengguna yang konsisten, RISC OS juga mencakup penerjemah BASIC terorganisir. Jika pengalaman pemrograman Anda berakar pada 1980-an dan BASIC yaitu akar Anda ke dalam pengkodean, ini berguna.
Meskipun usianya telah bau tanah, ada beberapa aplikasi elok yang tersedia untuk RISC OS, tergolong browser web. Perhatikan bahwa Anda membutuhkan mouse tiga tombol untuk memakai RISC OS; roda gulir yang dapat diklik pada mouse Anda sudah cukup.
Android
Hebatnya, dimungkinkan untuk menjalankan Android di Raspberry Pi. Sementara Android memakai kernel Linux, juri tidak tahu apakah itu dapat dianggap selaku distribusi Linux.
Meskipun bukan versi resmi, mampu menginstal Android ialah nilai tambah yang besar. Menggabungkan Android dengan Raspberry Pi dan perangkat layar sentuh memberi Anda cara gres yang andal untuk menggunakan komputer. Bahkan memungkinkan untuk merencanakan Google Play store, memberi Anda akses ke semua game dan aplikasi favorit Anda.
Beberapa proyek berbasis Raspberry Pi tersedia cari build untuk versi Pi tertentu untuk hasil terbaik.
Android Things
Sementara itu, platform pengembangan IoT Android Things juga tersedia untuk Raspberry Pi. Ini yakni sistem operasi tertanam yang ditujukan untuk memori rendah dan perangkat IoT terbatas daya.
Android Things mendukung Bluetooth LE dan Wi-Fi serta fitur Weave, yang dibutuhkan Google akan menjadi protokol default untuk IoT.
Plan 9
Dirilis sebagai tata cara operasi open-source pada tahun 1992, Plan 9 memiliki jejak kecil dan ditargetkan untuk pengembang. Kehadirannya yang ringan membuatnya ideal untuk Raspberry Pi.
Keturunan UNIX, Plan 9 mudah dipasang di Pi, sama seperti metode operasi lain yang kompatibel.
Setelah berlangsung, Anda awalnya akan menyaksikan baris perintah, sebelum antarmuka pengguna yang digerakkan mouse yang dikenal sebagai “rio” dimuat. Hati-hati, Plan 9 tampak sungguh sederhana, dan mempunyai sedikit kekerabatan visual dengan tata cara operasi apa pun yang sebelumnya Anda gunakan. Mungkin ada kesamaan dengan RISC OS (di atas). Namun, warisan UNIX Plan 9 akan membantu siapa saja dengan pengalaman pendahulunya.
Unduh: Plan 9 untuk Raspberry Pi (Instruksi manual)
Chromium OS
Opsi terakhir bila Anda mencari tata cara operasi Raspberry Pi non-Linux adalah Chromium OS. Ini ialah versi open source dari Chrome OS dan sekali lagi bergantung pada kernel Linux.
Beberapa build Chromium telah dikonfigurasi untuk Raspberry Pi. Namun, yang Anda mungkin akan menerima hasil terbaik yaitu FydeOS. Ini adalah metode operasi dasar yang memberi Anda pengalaman mirip Chrome OS penuh pada Raspberry Pi Anda.
Unduh: FydeOS (Chromium OS build untuk Raspberry Pi)
Chromium OS tidak sesuai untuk mengakses GPIO, namun sangat cocok untuk memakai Raspberry Pi Anda seperti desktop.