Cara Edit Screenshot Di Android Dengan Mudah

Mengambil screenshot yakni hal yang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone. Khususnya Android, pengambilan screenshot biasanya dilakukan untuk membagikan warta dari layar smartphone-nya tanpa perlu copy-paste.

Bagi pengguna yang terbiasa mengambil screenshot di Android, mengedit screenshot hasil jepretan sendiri bukanlah hal yang ajaib lagi. Sensor tulisan, highlight, crop atau memotong gambar screenshot sangatlah gampang dilakukan.

Tapi bagi pengguna pemula, menyensor foto screenshot, meng-highlight, atau meng-crop screenshot bukanlah hal yang mudah. Alasannya, tak tahu aplikasi mana yang cocok untuk mengedit screenshot, dan tak tahu cara mengeditnya.

Tak perlu khawatir. Dengan tutorial ini, kau akan tahu caranya mengedit screenshot di HP Android dengan mudah.

Baca Juga: Aplikasi Screenshot Android

Mengedit Screenshot di Android dengan Pixlr – Free Photo Editor

Pixlr yakni salah satu aplikasi editor foto terbaik untuk Android. Penggunaannya terbilang relatif gampang dan sederhana. Selain dipakai untuk mengedit foto, aplikasi ini juga sanggup dipakai untuk mengedit screenshot.

Download Pixlr – Free Photo Editor di Android

Setelah men-download aplikasinya, buka Pixlr.

Kamu akan melihat tampilan awal dari aplikasi pengedit screenshot ini. Untuk mulai mengedit screenshot, pilih Photo.

Lalu carilah di mana foto atau screenshot yang hendak kau edit dengan aplikasi ini. Setelah ketemu, pilih screenshot-nya. Maka, kau akan dibawa ke halaman edit screenshot dengan Pixlr.

Dengan Pixlr, kau sanggup mengedit screenshot dengan menambah teks atau tulisan; menambah bingkai atau frame foto; menciptakan dampak overlay; memberi blur, brush, mencoret, atau memberi sensor; serta pembiasaan gambar screenshot dengan opsi-opsi menyerupai crop, rotasi, kecerahan, exposure, red eye, autofix, autocorrect, dan lainnya.

Untuk memberi sensor atau memberi brush atau mencoret bab gambar screenshot, pilih tombol kedua yang terletak di bawah ber-icon pensil. Lalu pilihlah jenis brush, seperti: dampak pixel (pixelate), doodle, brighten untuk pertanda dan darken untuk mengelapkan bab gambar screenshot dengan coretan.

Kamu sanggup menentukan jenis brush apa pun. Contohnya doodle. Untuk memberi brush, kau sanggup menekan layar HP-mu di mana kau ingin memberi brush tersebut.

Ketika final memberi brush atau menyensor bab gambar screenshot, kau sanggup pribadi menyimpan hasil editan screenshot dengan menentukan Done, dan pilih Save image.

Kemudian, pilih ukuran gambar screenshot sesuai keinginan.

Selagi menyimpan screenshot, kau masih punya kesempatan untuk melanjutkan proses pengeditan. Dengan Pixlr, kau sanggup memberi teks dengan menentukan tombol ber-icon teks yang terletak di bawah paling kanan.

Lalu isilah teks atau goresan pena yang hendak kau masukkan ke dalam gambar screenshot. Setelah itu, kau sanggup menentukan jenis font sesuai selera, mengubah posisi atau letak tulisan, sampai warna teks yang sanggup secara bebas diubah.

Selain itu, kau juga sanggup meng-crop gambar screenshot, mengubah rotasi screenshot, menggelapkan atau pertanda screenshot, dan pilihan-pilihan mengedit lainnya yang sanggup kau lakukan dengan Pixlr.

Ketika kau menyimpan gambar screenshot yang telah diedit, kau sanggup menentukan ukuran screenshot sesuai keinginan. Selain itu, hasil screenshot yang disimpan tak dikenai watermark atau batasan apa pun, alasannya yakni Pixlr yakni aplikasi gratis.


Itulah cara mengedit screenshot di Android. Memberi sensor, memberi blur, meng-crop, sampai memberi teks atau goresan pena pada gambar screenshot yang diambil dari smartphone Android, sangatlah gampang dilakukan dengan Pixlr.