Home » android » Hal Penting yang Patut Anda Ketahui Sebelum Membeli UPS

Hal Penting yang Patut Anda Ketahui Sebelum Membeli UPS

Senin, Januari 18th 2016. | android
Fungsi utama dari perangkat yang dinamakan uninterruptible power supply atau lebih dikenal dengan nama UPS ini yaitu memperlihatkan energi listrik cadangan untuk dipakai komputer dikala terjadi pemadaman secara tiba-tiba dan semoga penggunanya sanggup menyimpan data penting yang sedang dikerjakan semoga tidak hilang.


Memang, UPS tidak mirip genset yang sanggup dipakai secara berjam-jam, namun perangkat satu ini lebih mempunyai harga lebih murah, lebih ringan sehingga sanggup dibawa atau dipindah-pindah kan dan tentu saja tidak berisik dibandingkan dengan genset.

Salah satu yang sering dikesampingkan banyak orang dikala membeli sebuah UPS daritempat yang jual UPS yaitu memperkirakan produk atau perangkat sepertiapa yang sebetulnya mereka butuhkan. Rata-rata menganggap bahwa semua UPS yaitu sama dan sanggup dipakai mirip baterai pada laptop atau baterai lain pada umumnya.

Saat ini, ada berbagai model atau seri perangkat penyimpan daya listrik cadangan ini yang ditawarkan oleh toko-toko online atau offline yang jual UPS. Dari banyak ragam UPS yang dijual tersebut, tentunya Anda harus mempertimbangkan budget semoga tetap efisien namun masih sanggup mempunyai perangkat penyimpan daya listrik cadangan itu.

Beberapa poin di bawah ini yaitu 2 hal utama yang patut Anda perhitungkan dan pikirkan sebelum menentukan dan membeli sebuah UPS.


1. Besaran tenaga

Seperti halnya perangkat elekrtonik lainnya, UPS dibagi menjadi beberapa jenis. Oleh karenanya, berbijaklah dalam menentukan jenis mana yang sesuai dan mirip yang Anda butuhkan. Dalam sebuah produk UPS, produsen pembuatnya niscaya akan mencantumkan konsumsi energi di dalamnya dalam satu VA (satuan tegangan) dan watt (satuan daya). Jadi, jikalau Anda harus menentukan sebuah UPS untuk personal, maka lihat terlebih dahulu berapa besaran watt pada komputer dan pilih UPS yang mempunyai daya sebesar 20-25 persen lebih besar dari daya pada komputer Anda.

2. Daya tahan waktu

Tentu saja alasannya yaitu berfungsi ibaratnya baterai, maka Anda juga wajib mempertimbangkan persoalan daya tahan waktu yang sanggup diberikan sebuah UPS untuk sanggup dipakai sebagai energi cadangan listrik dikala terjadi pemadaman. Disarankan untuk menentukan dan membeli UPS yang mempunyai tegangan atau VA tinggi semoga sanggup menyediakan energi listrik lebih lama. 

Sayangnya, untuk jenis ini, rata-rata toko yang jual UPS akan mematok harga cukup tinggi. Walaupun masih ada beberapa faktor penting lain yang sanggup dijadikan parameter sebelum menentukan dan membeli perangkat yang menyediakan energi cadangan dari toko yang jual UPS secara offline atau online, namun setidaknya dengan mempertimbangkan 2 hal di atas, Anda sanggup mengambil langkah sempurna sebelum mengeluarkan uang.

O iya, sekedar komplemen dari admin, untuk membeli UPS Anda sanggup tiba ke toko komputer terdekat ya… Soalnya kalau di toko elektronik belum tentu ada.. 🙂
tags: ,