Mitos Ihwal Binatang Di Indonesia Yang Masih Dipercaya Oleh Masyarakat

Mitos Tentang Hewan – Meskipun kini ini sudah di zaman periode digital, tapi hal-hal yang berbau mitos menyerupai misalnya “kalau menyapu yang higienis biar suaminya tidak brewokan” niscaya anda pernah mendengar kata-kata ini. Dibeberapa wilayah masih berlaku di tengah-tengah masyarakat walaupun kini sudah banyak yang meninggalkan. Mitos memang sudah menjadi kepingan hidup manusia, bahkan tidak hanya di Indonesia niscaya ada sebuah mitos di belakangnya. Termasuk perihal binatang yang satu ini.

Beberapa jenis binatang memang identik dengan sebuah mitos tertentu. Di Indonesia sendiri, mitos perihal binatang juga cukup terkenal bahkan kebenaran tentangnya masih dipercaya oleh banyak orang. Antara percaya atau tidak, ada saksi yang menyampaikan kalau mitos-mitos perihal binatang ini ialah hal yang tak perlu diragukan lagi. Berikut ialah gugusan mitos-mitos perihal binatang yang terkenal di Indonesia dan masih dipercaya hingga kini.

# Menabrak Kucing Akan Kena Sial yang Sangat Besar
Orang renta dulu selalu mewanti-wanti, “Jangan pernah menabrak kucing. Kucing itu bertuah”  hal ini pun alhasil menjadi mitos yang dipercaya turun temurun. Namun uniknya, mitos ini selalu benar. Setiap orang yang tidak sengaja menabrak kucing hingga mati, kemudian tidak mengurusinya, biasanya kena sial yang sangat besar. Entah ukiran atau hal-hal mengerikan lainnya.

Menurut orang-orang dulu, ketika tak sengaja membunuh kucing maka cara supaya terhindar dari kesialannya ialah dengan mengurusi kucing mati tersebut dengan baik. Mulai dengan dibungkus kain, hingga dikuburkan menyerupai layaknya orang meninggal. Dengan cara menyerupai ini, maka kesialan takkan lagi menaungi si penabrak.

# Punya Kucing Belang Telon Jantan Bakal Dapat Rejeki Besar

http://wikipedia.org

Sebenarnya, tak ada yang benar-benar Istimewa dari seekor kucing belang telon. Ia hanyalah kucing kampung biasa dengan perpaduan motif tiga warnanya yang unik. Meskipun demikian, ada yang Istimewa dengan kucing ini. Hal tersebut ialah fakta kalau kau takkan pernah menemukan kucing belang telon jantan.

Usut punya usut, kucing belang telon pejantan memanglah sangat langka bahkan tidak mungkin untuk ditemukan. Pasalnya, ketika gres lahir ia niscaya akan mati. Entah dimangsa ibunya sendiri atau mungkin juga ayahnya. Mitosnya mengatakan, kucing belang telon pejantan yang bisa tumbuh besar ia akan jadi kucing paling kuat. Konon, hanya dilihat saja tikus pun akan berjatuhan. Bahkan berdasarkan mitos pula, barang siapa mempunyai kucing super langka ini ia bakal mendapat rejeki besar.

# Bunuh Cicak Berpahala

http://galertigambarhewan.net

Meskipun kecil, namun cicak bagi sebagian orang ialah binatang menyeramkan serta menjijikan. Bentuknya yang gila dan sensasi kulitnya yang lembut namun bikin geli itu, cukup bikin seseorang mengalami paranoid. Biasanya binatang ini menghindari musuhnya dengan memutuskan ekormya. Mitos perihal binatang cicak ini ialah soal tawaran untuk membunuhnya. Banyak banyak yang menyampaikan kalau membunuh cicak akan mendapat pahala.

Hal ini sebetulnya tak sepenuhnya mitos. Dalam Islam, ternyata membunuh cicak memang dianjurkan dan hal tersebut ada dalam Hadist. Ada satu kebaikan untuk tiap cicak yang dibunuh. Ada pun bantalan an yang sempurna kenapa cicak harus dibunuh ialah sebab ia binatang yang mengganggu dan kotorannya bisa menjadikan penyakit.

# Kucing Hitam Lompati Jenazah
Mitos perihal kucing hitam memang sudah sangat familiar di masyarakat. Mulai dari anggapan kucingnya setan hingga kemampuan hebatnya yang bisa membangkitkan orang mati, mitosnya. Ya, orang-orang dulu memang percaya kalau seekor kucing hitam melompati sebuah keranda(wadah jenazah) yang ada mayit di dalamnya, maka tak usang si mayit akan segera berdiri lagi.

Sayangnya, belum ada bukti yang menyampaikan kebenaran ini. Tapi, mitos kadang berawal dari sebuah insiden nyata. Entah itu memang kebetulan saja sebab ridho Tuhan S.W.T menghidupkan mayit pada ketika ada kucing yang melompatinya. Maka, mungkin saja dulu memang ada insiden heboh menyerupai itu, hingga terbawa mitos hingga sekarang.

# Membunuh Ular Berakibat Kematian

http://wikipedia.org

Tak ada yang lebih mengerikan daripada menemukan ular di dalam rumah. Sayangnya, ketika mengalami hal semacam ini orang-orang menjadi gegabah dan kemudian malah membunuh si ular tersebut. Padahal mitos menyampaikan kalau seseorang membunuh ular maka akan berbalas kematian. Benarkah demikian?

Belum pernah terjadi dalam sejarah, seseorang membunuh ular kemudian mati. Kecuali ular tersebut masih setengah hidup dan kemudian menggigit si pembunuhnya sambil melepaskan semua racunnya. Terlepas apakah mitos ini benar atau tidak, memang lebih baik ular jangan dibunuh. Sebisa mungkin tangkap kemudian lepaskan di daerah yang jauh dari rumah. Namun, kalau tak bisa bisa dengan memanggil pawang ular setempat.

# Wanita Hamil Dilarang Membunuh Hewan Apa Pun

Orang-orang dulu selalu menganjurkan supaya ibu hamil selalu berhati-hati dalam segala perilakunya, itu benar sekali. Tak hanya soal menjaga bicara, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak membunuh binatang, apa pun itu. Konon berdasarkan mitosnya, ibu hamil yang membunuh binatang tersebut akan kuat kepada bayi yang akan dilahirkannya nanti.

Entah memang kebetulan atau mitos tersebut benar, banyak insiden janggal perihal bayi yang lahir tak normal. Setelah diselidiki ternyata ibunya memang pernah membunuh binatang tertentu. Terlepas dari kepercayaan ini, memang lebih baik tidak usah melaksanakan hal-hal tersebut kalau hanya sebagai pelampiasan emosi saja.
Baca juga : Hal-hal yang Membuat Bangun Tidur Kesiangan

Inilah beberapa mitos perihal binatang yang dipercaya masyarakat Indonesia. Terlepas dari banyaknya insiden faktual yang dipercaya, semua dikembalikan lagi kepada masing-masing orang. Mitos biasanya tak harus diartikan secara kasar. Kadang ada arti mendalam di balik itu, jadi dengan mitos ini ada baiknya juga sebab kita diperingatkan untuk berhati-hati dalam bertindak dan menjaga tingkah laku.
                                                                                                             Sumber : http://boombastis.com

Mitos (bahasa Yunani: mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) ialah dongeng prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran perihal alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya dongeng atau penganutnya.