Tips Ekstra Ekonomis Belanja Di Tokopedia Selama Ramadan

Tidak terasa kurang dari dua ahad semenjak artikel ini diterbitkan bulan bulan berkat yang penuh berkah tiba kembali. Bagaimana gencarnya iklan produk masakan dan pakaian yang biasanya cuma muncul dikala menjelang dan selama ramadhan.

Menurut lansiran CNN Indonesia, trafik internet melonjak hingga 125% selama bulan Ramadan. Lonjakan terjadi 150% di waktu sahur, puncaknya jam 04:00 dinihari. Kemudian sore hari muulai pukul 16:00 naik sebesar 15%.

Hampir 85% pengguna mengakses internet melalui perangkat Smartphone selama bulan berkat untuk mencari:

  1. Makanan & Minuman
  2. Fesyen / Pakaian
  3. Produk Teknologi 
  4. Produk Kecantikan 
Dua tahun belakangan terjadi peningkatan dalam aspek pencarian di beberapa kategori belanja online di bulan bulan berkat seperti: Pakaian (meningkat hingga 29%), travel (30%), smartphone (17%), telekomunikasi (19%), hingga barang elektronik lainnya (24%). 

Bicara soal pakaian dan makanan, bulan bulan berkat apalagi jelang lebaran secara umum dikuasai dari masyarakat Indonesia itu seakan sibuk berbelanja kebutuhan. Nah, di zaman yang serba mudah kini ini, belanja pakaian, barang-barang hingga masakan sanggup dilakukan secara online lewat Marketplace.

Untuk mengakibatkan bulan berkat kau tahun ini penuh ekstra ekonomis dalam hal pengeluaran namun tanpa mengurangi apa yang kita butuhkan, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal sebelum berbelanja online.

Belanja online sanggup dilakukan secara direct (langsung bayar ke OL Shop) atau melalui Marketplace. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saya menyarankan kau untuk bermain kondusif dengan pakai Tokopedia. Kenapa demikian?

Saya bakal bagikan menurut pengalaman saya beli barang elektronik ibarat PlayStation, beli Headset Bluetooth, HP Android, hingga kipas angin, Marketplace yang saya pakai itu Tokopedia. Tentu bukan tanpa alasan.

Tips Belanja Kebutuhan dan Tetap Hemat di Tokopedia 

1. Membandingkan Harga 

Salah satu fitur pencarian yang seharusnya memang sudah wajib ada di setiap Marketplace yakni “Filter / Saring Range Harga”. Ini memudahkan kita menyesuaikan dana atau budget untuk membeli kebutuhan.
Ada jutaan toko online di Tokopedia, kau sanggup cari pakai kata kunci contohnya “Kain Sarung”. Berapa dana maksimal yang kau siapkan buat beli sarung, tinggal masukkan nominalnya ke dalam kolom “Rp Maksimum” di sisi kiri situs Tokopedia. 

2. Diskusikan Dahulu

Ada fitur menarik lain dari Tokopedia kita sanggup berdiskusi dengan penjual mengenai barang yang bakal kita beli secara real-time tanpa menunggu proses moderasi terlebih dahulu. Buat saya ini penting!

Biasanya bila beli barang di toko offline atau toko fisik itu kita ngobrol dan basa-basi sama penjual mengenai produk yang ingin dibeli misal ketersediaan barang ada berapa pcs, warna apa saja dan lain sebagainya.

Hal itu juga sanggup kita lakukan di Tokopedia, contohnya menanyakan stok ketersediaan jumlahnya berapa, garansinya apa, sanggup kirim hari ini atau tidak dan lain-lain. Kaprikornus manfaatkanlah fitur Diskusi ini.

3. Mau Beli Produk Lokal? Bisa! 

Selanjutnya sehabis memilih harga, bila kau mau cari barang kreasi lokal juga bisa. Demi bulan berkat Ekstra kau tidak diwajibkan pakai barang branded yang harganya mahal itu, setidaknya kita juga sanggup secara pribadi atau tidak, mendukung produk lokal dengan memakai kreasi lokal.

Tokopedia punya cara unik untuk mendukung para kreator tanah air dengan menciptakan fitur saring pencarian khusus #KreasiLokal, ini juga memudahkan kita sebagai pembeli bila mau cari barang yang khusus buatan lokal. Eits jangan salah, produk lokal juga banyak yang lebih murah dan tetap berkualitas lho, sanggup tetap ekonomis dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan.

Scroll dikit ke bawah, di sisi kiri tab situs Tokopedia kita centang saja bab #KreasiLokal.

4. Pilih Toko Paling Dekat 

Karena saya dikala ini tinggal di wilayah Depok, ada beberapa alasan kenapa selalu pakai fitur penyaringan lokasi penjual “Jabodetabek”. Salah satunya demi menghemat biaya ongkos kirim (ongkir) yang berlebihan. 
Di Tokopedia secara detail sanggup dengan gampang mencari toko online yang lokasinya bersahabat dengan wilayah kita jadi pakai jasa pengiriman reguler sekalipun bila lokasi antara penjual dan pembeli bersahabat niscaya barang akan hingga lebih cepat juga. Itu tips yang keempat, kini lanjut kelima.

5. Sesuaikan Metode Pembayaran 

Dalam memanjakan pelanggan, Tokopedia punya bermacam-macam metode pembayaran yang sanggup dipakai mulai dari Transfer Bank, Virtual Account, Kartu Kredit, Cicilan, Saldo Tokopedia, hingga lewat minimarket juga sanggup dilakukan. 
Kaprikornus tidak ada lagi kekhawatiran belanja online sekalipun kau belum punya rekening kita sanggup bayar lewat minimarket (Indomaret) terdekat dari rumah buat dijadikan metode pembayaran ketika beli kebutuhan di Tokopedia. 
Atau buat kau yang punya rekening dan mempunyai jalan masuk Internet Banking, pakai saja metode mudah tersebut alasannya yakni Tokopedia punya sistem verifikasi secara otomatis, contohnya lewat KlikBCA.

6. Gunakan Metode Pengiriman Efisien 

Sekarang belanja online sudah lebih mudah dan cepat apalagi buat kau yang tinggal di kota besar, pakai alternatif ibarat jasa transportasi online ibarat Gojek dan Grab Bike.

Terlebih Tokopedia bekerja sama dengan jasa transportasi online, nah lewat ojek online itu kita sanggup pilih lagi dua metode berbeda antara Same Day dan Instant.

Kalau kau tipe orangnya sabar dikit dan mau ekstra ekonomis pakai saja metode Same Day tunggu sebentar dan barang biasanya hingga alamat kau paling lambat sore hari (berdasarkan pengalaman), sebaliknya apabila butuh cepat pilihlah jasa Instant. Metode kurir instan akan mempercepat proses pengiriman dengan estimasi 3 jam.

Sedangkan buat kau yang daerahnya belum terjangkau ojek online, jangan khawatir pakailah metode pengiriman konvensional yang disediakan oleh toko.

7. Pantau Promo dan Diskon 

Sebagai pembeli kita selalu tergiur dengan diskon atau promo. Hal ini juga kuat signifikan terhadap biaya pengeluaran ketika berbelanja online.

Belakangan saya buka aplikasi Tokopedia dan memang ada berbagai promo terbaru dan yang akan ada selama bulan berkat tahun ini mulai dari gratis ongkir, cashback, flash sale, dan diskon menarik lainnya yang mengakibatkan bulan bulan berkat kau semakin Ekstra.

Belum lagi nanti kejutan belakang layar pada 25 Mei disiapkan oleh Tokopedia, bakal ada yang Istimewa ibarat mirip ajang “Black Friday” yang diskon dan promo besar-besaran bikin bulan berkat jadi Ekstra semangat.

  1. Ekstra Flash Sale 
  2. Ekstra Kejutan (Shake HP kau sanggup mampu kejutan) 
  3. Ekstra Bonus Produk Digital 
  4. Produk Eksklusif Ramadan

Nah buat kau yang mau pantau kejutan, promo, dan diskon Istimewa apa saja yang ada di Tokopedia sanggup melalui tautan berikut: https://www.tokopedia.com/ramadan atau melalui aplikasi Tokopedia untuk Android dan iOS.

Penutup

Berbelanja kebutuhan secara online sudah menjadi bab paling sulit terpisahkan dari masyarakat tanah air dikala ini.

Dan Tokopedia sebagai Marketplace terbesar di Indonesia bulan selama bulan berkat hampir setiap hari memperlihatkan kejutan ekstra menciptakan penasaran, yang lebih ekstra lagi puncaknya pada 25 Mei 2018 mendatang disebut sebagai promo terbesar.

Mungkin bakal ada ekstra diskon, ekstra cashback, atau bahkan ekstra gratis ongkir. Yang terang bakal menarik dinantikan, ketika saya lihat halaman khusus promo saja Tokopedia sedang mengadakan ajang “Shake-Shake Ponsel berhadiah Handphone“, bagaimana dengan 25 Mei nanti? Mari kita nantikan!

Demikian Panduan Belanja Online di Tokopedia dengan ekonomis dalam edisi bulan berkat Ekstra, selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat berbelanja.