Home » android » Windows Azure, Platform Layanan Berbasis Cloud Computing

Windows Azure, Platform Layanan Berbasis Cloud Computing

Sabtu, Maret 21st 2015. | android


– Pernahkan teman – teman pembaca blog ini mendengar kata Windows Azure? Kalau kata “windows” saya pastikan sudah pernah ya? Kalau kata “Azure”.

Mungkin kata Azure gres pertama kali anda dengar sesudah membaca artikel ini.

Di artikel ini kita khusus membahas seputar Azure, apa itu Azure, kegunaan Azure, layanan yang terdapat di Azure dan laba memakai Azure.

Mas Ronaldi, saya pernah mendengar kata Microsoft Azure, samakah itu dengan Windows Azure?

Jawabannya yaitu SAMA, hanya penggunaan katanya saja yang berbeda atau orang yang menyebutkan juga sanggup berbeda – beda. Intinya tetap mengarah ke layanan Azure.

Baca: Download Software Gratis dan Legal Microsoft di Dreamspark.com

Langsung saja kita lanjutkan pembahasannya.

Microsoft Azure merupakan platform layanan yang berbasis Cloud Computing (Komputasi Awan) artinya kita mengoperasikannya secara internet dan juga infrastruktur yang disediakan oleh microsoft
Microsoft azure yaitu sebuah koleksi yang berkembang dari layanan awan yang terintegrasi untuk dipakai pada keperluan menyerupai analitik, computing, database, mobile, jaringan, penyimpanan dan web. Microsoft Azure dipakai utnuk pemindahan data secara cepat, pengarsipan yang lebih besaar dan tentunya menghemat biaya.

Beberapa hal yang penting dan perlu diketahui tentan Azure:

Hal yang sanggup kita lakukan di Microsoft Azure
Sangat banyak hal yang sanggup kita lakukan denga Microsoft Azure. Banyak developer dan para pakar IT sanggup menjadi produktif dengan Azure. Di Azure, akan disediakan fitur yang terintegrasi, template yang siap pakai dan administrasi layanan menciptakan fasilitas dalam pembangunan. Azure memungkinkan kita melaksanakan manajamen aplikasi perusahaan, mobile, web dan Internet of Things (IoT) secara cepat.

Kaprikornus dengan Azure kau akan sanggup meningkatkan skill di bidang IT alasannya yaitu semua teknologi akan sanggup kau ketahui.

Azure memakai platform layanan Cloud yang terbuka dan fleksibel
Azure mendukung pemilihan yang luas dari sistem operasi, bahasa pemrograman, framework, database, fitur dan alat. Dapat menjalankan konten Linux dengan integrasi Docker.

Azure mendukung banyak bahasa pemrograman
Dengan Azure kita dipastikan sanggup membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman Javascript, Phyton, .NET, PHP, Java dan Node.js. Intinya layanan Azure memungkinkan kita membangun aplikasi iOS, Android dan Windows dengan banyak bahasa pemrograman. Kaprikornus pada dasarnya walaupun Azure adalaha layanan dari Microsoft Corporation, tapi kita tidak hanya sanggup membangun aplikasi windows saja.

Memberikan lebih banyak kemudahan
Beberapa penyedia layanan Cloud menciptakan kau menentukan antara datacenter dan layanan awan, tetapi tidak untuk Azure, integrasi yang gampang dengan kontribusi IT yang melalu jaringan luas dari koneksi privasi yang aman, database hybrid dan solusi penyimpanan, dan fitur enkripsi.

Kaprikornus aset kita tetap terjaga dan sanggup diakses kapan saja. Dengan Azure Stack, kau sanggup membawa model Azure dari pengembangan aplikasi pengembang di datacenter.

Azure melindungi data kamu
Kita tahu beberapa organisasi tetap waspada akan Cloud.  Itulah mengapa Microsoft membuad sebuah janji industry untuk melindungi dan mengamankan data kamu.
Microsoft menjadi penyedia layanan Cloud pertama yang diakui oleh autoritas proteksi data Uni Eropa untuk janji atas undang – undang privasa yang ketat.

Microsoft juga menjadi penyedia layanan pertama dan utama yang mengadopsi standar International Cloud Privacy, ISO 27018.

Menjalankan Aplikasi sanggup dilakukan dimana saja
Sebagai layanan Cloud terbaik dari Microsoft, Azure berjalan pada jaringan luas dunia dari Microsoft, mengelola di 22 wilayah, lebih banyak negara dan wilayah dibandingkan adonan Amazon Web Services dan Google Cloud. Ini yaitu perkembangan global yang cepat dan menawarkan banyak pilihan untuk menjalankan aplikasi dan memastikan pelayanan yang baik.

Baca juga: 3 Cara Membuat dan Melakukan Verifikasi Akun DreamSpark

Layanan yang tersedia di Windows Azure
Banyak sekali layanan di Windows Azure sehingga sangat cocok untuk dipakai oleh perusahaan – perusaan besar, yakni:

  1. Web Sites (Web Hosting): dengan layanan ini kita sanggup meng-hosting website
  2. Virtual Machine: Kita sanggup mendeploy Virtual Machine yang berbasis Windows Server atau Linux di datacenter Microsoft. 
  3. Cloud Service: layanan ini memungkinkan kita menjalankan dan mengembangkan banyak sekali aplikasi secara awan.
  4. Mobile Service: Layanan ini yaitu infrastruktur Cloud untuk mengembangkan aplikasi mobile menyerupai Windows Phone, iOS dan juga Android
  5. Layanan Infrastruktur: Azure menyediakan infrastruktur sesuai kebutuhan, baik dalam menjalankan aplikasi gres dan juga aplikasi yang telah disediakan
  6. Mengembangkan dan melaksanakan percobaan: memungkinkan pengguna untuk melaksanakan pengembangan aplikasi dan eksklusif melaksanakan percobaan pada aplikasi tersebut.
  7. Media: layanan media Azure memperbolehkan mengembangkan aplikasi dari adobe flash, android, iOS, Windows dan plaftorm lainnya.
  8. Penyimpanan, pencadangan dan pemulihan data, aplikasi dll
  9. Integrasi: memungkinkan pengguna untuk memindahkan seluruh data, aplikasi, perangkat dari perangkat lokal ke Cloud.
  10. Data Services: Azure juga mendukung penyimpanan data, SQL Database, SQL Reporting, HDInsight, Backup dan Recovery Manager
  11. App Services melayani Media Services, Services Bus, BizTalk Services dan Active Direktory
  12. Network Services: Data transfers, Virtual Box dan Traffic Manager

Demikianlah artikel ini biar sanggup menawarkan warta kepada teman – teman bahwa Microsoft Azure banyak sekali manfaatnya. Terimakasih telah berkunjung.

tags: , ,